Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Results 1 to 9 of 9
  1. #1
    Status
    Offline
    nurmanhabib's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jul 2010
    Location
    Pakualaman, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    18
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    Sulitkah setting Wireless di MikroTik?

    saya merasakan konfigurasi wireless mikrotik baru di produk RB751U-2HnD, saya coba pasang TP-Link 15dBi, tp hasilnya knapa lebih jelek daripada antenna internalnya (2.5dBi) ??? Click here to enlarge
    apakah ada konfigurasi yg kurang? atau memang RB751U-2HnD tidak cocok buat AP di lingkungan RT/RW-Net?? SOalnya saya coba jarak 10 meter aja udah RTO Click here to enlargeClick here to enlarge padahal pake antena internal jarak 20 meter masih lumayan...

    nah selanjutnya saya jd ragu nih semisal mau beli RB outdoor, apakah konfigurasi wireless pada produk RB outdoor jg seperti yg indoor..?? soalnya ane pngen pke mikrotik biar bisa Virtual-AP Click here to enlarge

  2. #2
    Status
    Offline
    Anto.PJ's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    May 2011
    Location
    macz
    Posts
    1,513
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    7
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    tinggi antenanya berapa meter?

    klien pake laptop ya?

  3. #3
    Status
    Offline
    nurmanhabib's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jul 2010
    Location
    Pakualaman, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    18
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Anto.PJ Click here to enlarge
    tinggi antenanya berapa meter?

    klien pake laptop ya?
    kmrn masih uji coba di 6 meteran...ya pke laptop

  4. #4
    Status
    Offline
    Anto.PJ's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    May 2011
    Location
    macz
    Posts
    1,513
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    7
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    6 meter ya??

    karena omni 15 dbi horizontal loop cuma 30 derajat (+15/-15)

    0 - 25 meter dari antena adalah blankspot.. hitungannya

  5. #5
    Status
    Offline
    skip308's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    GROBOGAN KOTA KARAOKE
    Posts
    59
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Idem sama atas (mas anto) mungkin blank spot tuh
    ,ga usah ragu pake mikrotik,saran aja saya pernah juga pakai RB 751 buat AP cuma hasilnya kurang memuaskan, Click here to enlarge
    balik lagi akhirnya pake RB411,751 nya jadi hotspot buat dalem rumah deh

  6. #6
    Status
    Offline
    nurmanhabib's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jul 2010
    Location
    Pakualaman, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    18
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Anto.PJ Click here to enlarge
    6 meter ya??

    karena omni 15 dbi horizontal loop cuma 30 derajat (+15/-15)

    0 - 25 meter dari antena adalah blankspot.. hitungannya
    Click here to enlarge Originally Posted by skip308 Click here to enlarge
    Idem sama atas (mas anto) mungkin blank spot tuh
    ,ga usah ragu pake mikrotik,saran aja saya pernah juga pakai RB 751 buat AP cuma hasilnya kurang memuaskan, Click here to enlarge
    balik lagi akhirnya pake RB411,751 nya jadi hotspot buat dalem rumah deh
    woalah begitu alasannya...wah berarti klo pke omni 15dbi musti tinggian ya? bgmn klo pake omni wavguide? yg katanya bisa konek walo cm dapet 2 bar sinyal ?

  7. #7
    Status
    Offline
    Anto.PJ's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    May 2011
    Location
    macz
    Posts
    1,513
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    7
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by nurmanhabib Click here to enlarge
    woalah begitu alasannya...wah berarti klo pke omni 15dbi musti tinggian ya? bgmn klo pake omni wavguide? yg katanya bisa konek walo cm dapet 2 bar sinyal ?
    coba antenanya pasang di 2-3 meter..

    setahu saya, omni 15 dBi itu sepertinya dirancang untuk keperluan point-to-multi-point (AP to CPE) (CMIIW)
    dan lagi, polarisasinya vertikal.. sedang laptop cenderung horizontal, kalau saja konek, kemungkinan laptopnya mendapat sinyal pantul/bias

    untuk 6 meter, wave guide, multipolar, mungkin bisa jadi pilihan, untuk klien laptop langsung

    kalo mau dipasang diketinggian 10-15 meter keatas, gunakan sektoral.. atur downtiltnya (arah pancar kebawah), contoh yang paling nyata dan paling banyak adalah tower BTS GSM/CDMA..

    perhatikan..

    mereka adalah contoh perwirelesan yang baik..
    Last edited by Anto.PJ; 29-04-2012 at 18:36.

  8. The Following User Says Thank You to Anto.PJ For This Useful Post:


  9. #8
    Status
    Offline
    yosanpro's Avatar
    Co-Admin
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Bantul, Bantul, Yogyakarta
    Posts
    2,546
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    11
    Uploads
    4
    Feedback Score
    1 (100%)
    Oya, kalau pake antena luar lewat konektor eksternal MMCX RB751U-2HnD jangan lupa di wireless tab HT diset "antenna b" dengan chain1 TX/RX dicentang (untuk chain0 tidak usah dicentang), supaya diarahkan ke antena eksternal (dengan daya maksimum 500mW).
    Click here to enlarge
    Last edited by yosanpro; 29-04-2012 at 20:36.
    A person's junk is another person's treasure.

  10. The Following User Says Thank You to yosanpro For This Useful Post:


  11. #9
    Status
    Offline
    bangHasan's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Feb 2014
    Location
    Depok, Indonesia
    Posts
    4
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by yosanpro Click here to enlarge
    Oya, kalau pake antena luar lewat konektor eksternal MMCX RB751U-2HnD jangan lupa di wireless tab HT diset "antenna b" dengan chain1 TX/RX dicentang (untuk chain0 tidak usah dicentang), supaya diarahkan ke antena eksternal (dengan daya maksimum 500mW).
    Click here to enlarge
    ahaa.. makasih pak bos.
    terjawab sudah kebutuhan ane, ccq nya langsung naek, noise floor nya langsung berkurang Click here to enlarge

 

 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Setting Mikrotik Wireless Bridge
    By shehoxs in forum Wireless Networking
    Replies: 27
    Last Post: 03-11-2012, 16:32
  2. Replies: 24
    Last Post: 27-09-2010, 15:21
  3. Setting Wireless
    By 6u5d3 in forum Wireless Networking
    Replies: 5
    Last Post: 16-08-2010, 11:55
  4. Help setting wireless
    By langithujan in forum Wireless Networking
    Replies: 5
    Last Post: 31-10-2009, 11:13
  5. Replies: 2
    Last Post: 04-12-2008, 22:38

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
ads