Pernahkah terpikir memiliki router gratis ? gartis dalam arti tidak perlu membeli, dan tidak perlu ngeluarin duit sepeserpun. Tapi bukan nyolong, bukan ngentit, bukan ngorup, pokoknya bukan barang haram.
(Bagi agan yang udah master n pakar, tulisan berikutnya gak usah dibaca)
Sebelumnya, ciscoz share pengeritan router. Menurut Wikipedia, Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
Sebagai ilustrasi router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu.
Router sebaiknya digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang berebeda (seperti halnya untuk menghubungkan segmen jaringan IP dengan segmen jaringan IPX.) Secara umum, router lebih cerdas dibandingkan dengan bridge jaringan dan dapat meningkatkan bandwidth jaringan. Penggunaan router yang paling sering dilakukan adalah ketika kita hendak menghubungkan jaringan kita ke internet.
Router bisa berupa benda nyata yang fisiknya bisa dilihat, diraba dan digunakan, selain itu juga bisa berupa benda virtual, yang meskipun tidak bisa diraba, tapi bisa dilihat, dirasakan, dan yang paling penting kan bisa digunakan. (maap kalo uraian ane salah)
Nah Router yang gratis itu, bernama Router Virtual.
Untuk bisa memiliki router virtual gratis ini, agan gak perlu beli, tapi cukup agan ciptakan sendiri dengan tool kecil yang besarnya cuma 1035K.
Kalo agan tertarik, silakan agan Download di link
Syaratnya : perangkat dan driver agan wajib kompatible.