Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Results 1 to 14 of 14
  1. #1
    Status
    Offline
    ipad's Avatar
    Member
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    127
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    Izin Penggunaan Pita Lebar Wireless

    Para master2 sekalian saya mohon bantuannya ni.

    Ada yang pernah pengalaman ngurus izin untuk penggunaan frekwensi pita lebar wireless 2,4GHz dan 5,8GHz.?
    Kalau ada yang pernah pengalaman ngurus izinnya mohon share donk.

    1. Apa2 saja sih syaratnya buat ngurus izin 2,4GHz dan 5,8GHz.?
    2. Berapa biaya untuk ngurus izinnya?
    3. Sulit nggak sih untuk ngurus izin penggunaan frekwensi 2,4GHz dan 5,8GHz?

    Mohon bagi yang punya pengalaman atau pun yang belum punya pengalaman tapi yang tau tentang ngurus perizinan ini share ke saya.

    Soalnya yang saya tau 2,4GHz itu di bebaskan dengan syarat power radio nggak lebih dari 20dBm / 100mW dan perangkat harus tersertifikasi, bagaimana kalau saya menggunakan radio dengan power lebih dari 100mW logikanya saya kan harus urus izin untuk penggunaan frekwensi 2,4GHz.
    Kalau yang 5,8GHz kan memang harus urus perizinan dulu baru boleh di gunakan.

    Mohon share pengalamannya para master2 sekalian.Click here to enlarge

  2. #2
    Status
    Offline
    oktama's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jayapura
    Posts
    1,929
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by ipad Click here to enlarge
    Para master2 sekalian saya mohon bantuannya ni.

    Ada yang pernah pengalaman ngurus izin untuk penggunaan frekwensi pita lebar wireless 2,4GHz dan 5,8GHz.?
    Kalau ada yang pernah pengalaman ngurus izinnya mohon share donk.

    1. Apa2 saja sih syaratnya buat ngurus izin 2,4GHz dan 5,8GHz.?
    2. Berapa biaya untuk ngurus izinnya?
    3. Sulit nggak sih untuk ngurus izin penggunaan frekwensi 2,4GHz dan 5,8GHz?

    Mohon bagi yang punya pengalaman atau pun yang belum punya pengalaman tapi yang tau tentang ngurus perizinan ini share ke saya.

    Soalnya yang saya tau 2,4GHz itu di bebaskan dengan syarat power radio nggak lebih dari 20dBm / 100mW dan perangkat harus tersertifikasi, bagaimana kalau saya menggunakan radio dengan power lebih dari 100mW logikanya saya kan harus urus izin untuk penggunaan frekwensi 2,4GHz.
    Kalau yang 5,8GHz kan memang harus urus perizinan dulu baru boleh di gunakan.

    Mohon share pengalamannya para master2 sekalian.Click here to enlarge
    harus paham dulu tentang orari, minta sertifikasi orari, baru buat ijin ISP trus ke postel minta ijin penggunaan frekwensi, itu dulu jaman 2,4ghz blm bebas ngga tau kl sekarang Click here to enlarge

  3. #3
    Status
    Offline
    lini's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Karawaci
    Posts
    1,961
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    2 (100%)
    gak pake logika kale....

    2,4ghz 100% free dengan syarat yg ada.....anda butuh power gedhe ? yah usahakan jangan karena peraturannya gitu

    5,8ghz untuk luar jawa kalo gak salah sudah free dengan term sama kayak 2,4ghz....untuk jawa kalo gak salah setelah 2010 baru free.

    CMIIW

  4. #4
    Status
    Offline
    oktama's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jayapura
    Posts
    1,929
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by lini Click here to enlarge
    gak pake logika kale....

    2,4ghz 100% free dengan syarat yg ada.....anda butuh power gedhe ? yah usahakan jangan karena peraturannya gitu

    5,8ghz untuk luar jawa kalo gak salah sudah free dengan term sama kayak 2,4ghz....untuk jawa kalo gak salah setelah 2010 baru free.

    CMIIW
    asik gw maen pake 5.8 ajah ah channel disini masih kosong semua buat 5.8 Click here to enlarge

    yg saya post-kan jaman baehula dimana masih untuk 2.4 ajah masih bayar, kl dijawa memang sepertinya 5.8 daerah tertentu ajah yach yg berbayar, mudah2an bisa segera dibebaskan supaya kita bisa nikmatin internet murmer Click here to enlarge

  5. #5
    Status
    Offline
    Akangage's Avatar
    Administrator
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
    Posts
    4,195
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    210
    Uploads
    87
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by lini Click here to enlarge
    gak pake logika kale....

    2,4ghz 100% free dengan syarat yg ada.....anda butuh power gedhe ? yah usahakan jangan karena peraturannya gitu

    5,8ghz untuk luar jawa kalo gak salah sudah free dengan term sama kayak 2,4ghz....untuk jawa kalo gak salah setelah 2010 baru free.

    CMIIW
    Kata salah satu suhu petinggi ISP di kota Akang 5,8 Ghz sudah 2 tahun yang lalu di Free kan baik untuk jawa maupun luar jawa, tapi gw tanya ke beliau, "loh boz, kenapa ga di ganti aja ke 5,8 kan enak daripada di 2,4 yang udah padet?" beliau bilang, "Hmm.... duitnya mana boz?" wakakakakakak ngakak gw Click here to enlarge

  6. #6
    Status
    Offline
    oktama's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jayapura
    Posts
    1,929
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Akangage Click here to enlarge
    Kata salah satu suhu petinggi ISP di kota Akang 5,8 Ghz sudah 2 tahun yang lalu di Free kan baik untuk jawa maupun luar jawa, tapi gw tanya ke beliau, "loh boz, kenapa ga di ganti aja ke 5,8 kan enak daripada di 2,4 yang udah padet?" beliau bilang, "Hmm.... duitnya mana boz?" wakakakakakak ngakak gw Click here to enlarge
    Click here to enlarge itu dia masalahnya boss modal buat ganti ke 5.8 di BTS perangkat harus diganti, diclient juga perangkat harus ganti apalagi terlanjur pake yang 2.4 dari dulu, mau pindah perangkat 2.4 masih pada numpux digudang Click here to enlarge

  7. #7
    Status
    Offline
    pencitku's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Apr 2010
    Posts
    64
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Yang Boneng Lu Gan? Click here to enlarge

    masak 5.8 free..?
    ada punya salinan undang2nya gk?

  8. #8
    Status
    Offline
    karaeng's Avatar
    VIP Member
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    958
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by pencitku Click here to enlarge
    Yang Boneng Lu Gan? Click here to enlarge

    masak 5.8 free..?
    ada punya salinan undang2nya gk?
    udah free bos, tp wilayah Jawa blon free...Click here to enlarge

  9. #9
    Status
    Offline
    lini's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Karawaci
    Posts
    1,961
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    2 (100%)
    5,8Ghz luar jawa sdh free sejak taun kmrn kalo gak salah.....utk jawa kenapa masih belum free dikarenakan masih ada masa berlaku BHP para provider pemakai 5,8Ghz sampai akhir 2010 kalo gak salah....setelah itu free juga.

    rajin2 deh baca pengumuman di postel Click here to enlarge

  10. #10
    Status
    Offline
    ipad's Avatar
    Member
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    127
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Wah,..pada banyak yang pengalaman ni.
    Tapi makin membuat bingung deh.
    Click here to enlarge

    Kalau ngurus penggunaan frekwensi ini ada yang tau nggak ya berapa biayanya?
    Kalau client jarak deket masih bisa menggunakan power 100mW masalahnya ada client yang cukup jauh saya test dengan power 100mW nggak nembus pas di naikkan powernya 600mW baru stabil.
    Ini dia masalahnya, makanya mau tak mau naikin power, tp kalau di naikkan powernya ntr kena sita lagi perangkatnya oleh balmon.Click here to enlarge

    Ada yang bisa kasih pencerahan nggak ya?
    Click here to enlarge

  11. #11
    Status
    Offline
    oktama's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jayapura
    Posts
    1,929
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    ganti polarisasi Click here to enlarge
    atau pindah ajah ke channel 5.8
    atau pake superchannel
    atau bayar BHP ke postel, pake frek 7Ghz Click here to enlarge

  12. #12
    Status
    Offline
    ipad's Avatar
    Member
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    127
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by oktama Click here to enlarge
    ganti polarisasi Click here to enlarge
    atau pindah ajah ke channel 5.8
    atau pake superchannel
    atau bayar BHP ke postel, pake frek 7Ghz Click here to enlarge
    Apa nggak bermasalah tu pakai frek 5,8 tanpa ada izin.?

  13. #13
    Status
    Offline
    oktama's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jayapura
    Posts
    1,929
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by ipad Click here to enlarge
    Apa nggak bermasalah tu pakai frek 5,8 tanpa ada izin.?
    lokasi dimana? sesuai dengan pernyataan juragan lini, kl diluar jawa pake ajah dulu nnt kl ada yg protes dan sweeping minta tunjukin dulu surat perintah sweping mereka kl jelas tercantum ada sweeping 5.8ghz maka ya anda matikan ajah perangkat dan beralih ke 2.4Ghz Click here to enlarge

  14. #14
    Status
    Offline
    ipad's Avatar
    Member
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    127
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by oktama Click here to enlarge
    lokasi dimana? sesuai dengan pernyataan juragan lini, kl diluar jawa pake ajah dulu nnt kl ada yg protes dan sweeping minta tunjukin dulu surat perintah sweping mereka kl jelas tercantum ada sweeping 5.8ghz maka ya anda matikan ajah perangkat dan beralih ke 2.4Ghz Click here to enlarge
    Berarti itu nggak langsung di sita ya perangkat nya?
    terus kalau mau pakai power lebih dari 100mW juga bisa di terapkan begitu ya?
    Misalnya pakai Power 350mW.
    Click here to enlarge

    Terus yang masih jadi pertanyaan berapa sih biaya untuk ngurus izin penggunaan frekwensi itu dan apa saja syarat serta gimana alur pengurusannya.?
    Soalnya dah coba telurusi situsnya kominfo tapi g ada keterangan yang jelas.
    Ada yang bilang biayanya sekitar 75jt, apakah benar?
    Last edited by ipad; 20-07-2010 at 23:22.

 

 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 3 users browsing this thread. (0 members and 3 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 58
    Last Post: 09-06-2015, 22:55
  2. [Izin Jualan] XR2,R52..semua plus pigtail
    By Mr. wireless in forum MikroTik Products
    Replies: 17
    Last Post: 07-02-2010, 16:34
  3. [izin jualan]...SALE XR2 plus pigtail..
    By Mr. wireless in forum MikroTik Products
    Replies: 27
    Last Post: 20-07-2009, 02:11
  4. [Ask]Membagi Lebar Bandwith dari ISP
    By starlight in forum Beginner Basics
    Replies: 2
    Last Post: 02-07-2008, 22:45

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •