Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Results 1 to 8 of 8
  1. #1
    Status
    Offline
    deadsoul's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jul 2009
    Posts
    5
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    [ASK] Overall Tx CCQ naek turun bahkan hilang

    Para master mikrotik, newbie mau nanya soal sinyal
    Ceritanya mo share koneksi ke tetangga pake hotspot

    Hari pertama nyoba sinyal normal2 saja (Overall tx ccq > 80)
    hari berikutnya tiba2 sinyal drop & disconnect terus Click here to enlarge
    lihat overall tx ccq kecil (dibawah 20%) kadang2 malah ilang Click here to enlarge

    Kondisi :
    - antena omni 15db tinggi 15m
    - Interferen hampir gak ada (AP jauh2 <10km)
    - Tx Power : default (25dBm)
    - nyoba scan sinyal pake laptop jarak 50m LOS gak dapet sinyal

    /interface wireless print
    Flags: X - disabled, R - running
    0 R name="MiniPCI1" mtu=1500 mac-address=00:0C:42:XX:XX:XX arp=enabled
    interface-type=Atheros AR5413 mode=ap-bridge ssid="TEST"
    frequency=2412 band=2.4ghz-b scan-list=default antenna-mode=ant-a
    wds-mode=disabled wds-default-bridge=none wds-ignore-ssid=no
    default-authentication=yes default-forwarding=yes default-ap-tx-limit=0
    default-client-tx-limit=0 hide-ssid=no security-profile=default
    compression=no
    /interface wireless monitor MiniPCI1
    status: running-ap
    band: 2.4ghz-b
    frequency: 2412MHz
    noise-floor: -99dBm
    overall-tx-ccq: 13%
    registered-clients: 1
    authenticated-clients: 1
    current-ack-timeout: 30
    nstreme: no
    current-tx-powers: 1Mbps:25(25/25),2Mbps:25(25/25),5.5Mbps:25(25/25),
    11Mbps:25(25/25)
    notify-external-fdb: no
    Topologi :
    Modem --> MikrotikOS ---> Switch
    ..........................................| Client LAN
    ..........................................| RB433
    ...............................................|
    ....................................... Client WLAN

    Kira2 apa yang terjadi?
    Yang bermasalah apanya? (Setting/RB/MiniPCI/omni/jumper dll)
    Solusinya bagaimana?
    Saya sudah search & baca2 di forum ini banyak masukan mulai dari reset default, pindah frek, set data rate, kecilin tx power dll, tapi semua itu gak ngaruh Click here to enlarge

    Tolong kasi saran bagi nubie ini Click here to enlargeClick here to enlarge

  2. #2
    Status
    Offline
    Ajienux's Avatar
    Member Senior
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Bogor<>Jakarta
    Posts
    353
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    om tuh power gueedee amat... di set 18dbm dulu om... lihat pengaruhnya... hikss kapok w main di angka 23dbm keatas... AP nya suka bego...

  3. #3
    Status
    Offline
    deadsoul's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jul 2009
    Posts
    5
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Ajienux Click here to enlarge
    om tuh power gueedee amat... di set 18dbm dulu om... lihat pengaruhnya... hikss kapok w main di angka 23dbm keatas... AP nya suka bego...
    defaultnya 25dbm Click here to enlarge
    udah tak cobain satu2 dari 17 - 25 hasilnya sama (beda2 tipis, tx ccq tetep dibawah 30%) Click here to enlarge

    ada masukan lain?

  4. #4
    Status
    Offline
    Ajienux's Avatar
    Member Senior
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Bogor<>Jakarta
    Posts
    353
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    bro client berapa jauh, jumlah client ada berapa? per client ccq nya coba diliat...

  5. #5
    Status
    Offline
    vgate's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Apr 2008
    Posts
    2,624
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    11 (100%)
    diceritakan dl client wlan brapa jauh, dengan konfigurasi bagaimana, jenis radio, setting, dan hasil site survey di lokasi masing2 Ap dan jg client,

  6. #6
    Status
    Offline
    deadsoul's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jul 2009
    Posts
    5
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Ajienux Click here to enlarge
    bro client berapa jauh, jumlah client ada berapa? per client ccq nya coba diliat...
    Click here to enlarge Originally Posted by vgate Click here to enlarge
    diceritakan dl client wlan brapa jauh, dengan konfigurasi bagaimana, jenis radio, setting, dan hasil site survey di lokasi masing2 Ap dan jg client,
    berhubung masih dalam tahap 'TEST' jumlah client cuma ada 4, rata2 jarak dari server/omni sekitar 100-200m, keadaan bervariasi, ada yg LOS ada yg kehalang gedung dikit (dalam ruangan)
    client pake USB Wifi adapter & laptop
    per client rata2 dapet ccq dibawah 30% singnal -90an Click here to enlarge (sering gak connect)
    soal interferen, bisa dibilang hampir gak ada, soalnya ini baru yang pertama di daerahku, kalaupun ada AP itu juga jauh (jarak >10km, dan mereka PtP bukan PtMP, arah tidak cros/bersinggungan dengan area omniku ini

    sedikit tambahan, setelah RB di reboot, overall tx cqq 'blank' alias gak keluar, tapi setelah 5-10 m3nit baru keluar, itupun masih dibawah 30% Click here to enlarge

    mohon pencerahannya sesepuh....Click here to enlarge
    Last edited by deadsoul; 18-02-2010 at 00:04.

  7. #7
    Status
    Offline
    Ajienux's Avatar
    Member Senior
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Bogor<>Jakarta
    Posts
    353
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    wew.... sadis jarak pendek CCQ nya jelek... mmmmmm.... coba bro cek kabel jumper, coba di Snooper diliat... dan cari frek kerja yang sepi, pake FreqUsage juga bisa sech..., mmm client di indoor [dalamrumah] w curiga masalah di antenna [downtilt antenna - ] baiknya di coba turunkan antenna setinggi 10-12meter kalo terjadi perbaikan CCQ maupun signal, kemungkinan antenna omninya yang tidak baik meradiasi client dibawah, btw omni nya pake brand apa?

    kasih info lagi ya bro... moga suksesClick here to enlarge

  8. #8
    Status
    Offline
    Hero Wp's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    poso sul-teng
    Posts
    47
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    4
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    ane juga punya kasus yg sama settingan band b/g dan g only overal ccq naeknya lama banget bertahan di <30%.trus naek juga ga stabil.klw mode b,pas on langsung main di >80% tapi suka drop sampe <10%Click here to enlarge
    ane berharap para sesepuh mau turun gunung Click here to enlargeClick here to enlargeClick here to enlargeClick here to enlargeClick here to enlarge

 

 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Lisensi hilang setelah downgrade
    By korekuping in forum Beginner Basics
    Replies: 14
    Last Post: 24-01-2011, 21:59
  2. suka hilang sendiri
    By sufandi in forum Beginner Basics
    Replies: 6
    Last Post: 10-11-2009, 19:14
  3. User Hotspot hilang
    By kifli.sul in forum Wireless Networking
    Replies: 1
    Last Post: 23-12-2008, 21:13
  4. log di MT_Syslog selalu hilang ketika restart
    By ponywaterhouse in forum General Networking
    Replies: 11
    Last Post: 09-11-2007, 11:47

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •