Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Results 1 to 5 of 5
  1. #1
    Status
    Offline
    qiting's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    May 2012
    Location
    tanggerang selatan
    Posts
    3
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    dynamic user profile menggunakan script

    sebelumnya permisi kepada para suhu disini. langsung aja ga pake basa basi tapi curhat dikit gpp ya Click here to enlarge

    jadi saya lagi ada penelitian tugas akhir di kampus saya menggunakan mikrotik tentang membatasi BW jika suatu traffic client melewati batas tertentu
    dengan menggunakan metode dynamic user profile yang ada pada hotspot.

    saya dapet referensi yang pas, cuma dari forum luar *ga ngerti ngomong bahasa inggris Click here to enlarge
    disini
    Code:
    http://forum.mikrotik.com/viewtopic.php?f=9&t=71267
    Code:
     Try this script on user login, tested on v5.22. It checks user total download bytes, and if it exceeds 20GB, it checks the profile limits and changes current queue and profile accordingly.
    	
    :local newLimit 128k/128k;
    :local maxBytes 21474836480;
     
    :local userStr [:tostr $user];
     
    :local ip [/ip hotspot active get [find user="$userStr"] address];
    :local bytes [/ip hotspot user get [find name="$userStr"] bytes-out];
    :local profile [/ip hotspot user get [find name="$userStr"] profile];
    :local rateLimit [/ip hotspot user profile get [find name="$userStr"] rate-limit];
     
    :if ($bytes > $maxBytes) do={
      :if ($rateLimit != $newLimit) do={
          /log info "[DOWNLOAD LIMIT] - $userStr has exceeded $maxBytes bytes downloaded, limiting profile to $newLimit";
         /queue simple set [find target-addresses="$ip/32"] max-limit=$newLimit limit-at=$newLimit;
          /ip hotspot user profile set [find name="$profile"] rate-limit=$newLimit;
       }
    }
    setelah saya coba, ga terjadi apa- apa alias queue dan user profile yang ada di hotspotnya ga berubah Click here to enlarge

    yang saya mau tanyakan :
    1. apakah settingan queue dibutuhkan di script ini?
    2. apakah ada settingan untuk catch connection dari user profile atau queue?
    3. kondisi apa saja yg saya butuhkan supaya script berjalan dengan semestinya?
    4. adakah teknik lain yang lebih mudah diterapkan bagi saya yg nubi ini untuk konsep traffic limit based volume di mikrotik?


    maaf jika pertanyaannya kurang bisa dipahami dan saya akui saya script copaser.
    tapi saya berharap bimbingan dan wejangan dari para suhu disini. terima kasih
    Click here to enlarge




    nb:
    - topologi yang saya pakai
    Code:
     inet === rb751u == client
    - mikrotik yang saya gunakan rb 751u-2hnd dengan os V5.24
    - testing yang saya terapkan adalah dengan mendownload salah 1 file di situs download (filehip*o.com) dengan tools download manager (ID*)
    - metode ini saya terapkan karena tutorial dari gagal
    Click here to enlarge
    Last edited by qiting; 01-05-2013 at 17:39. Reason: edited

  2. #2
    Status
    Offline
    Anto.PJ's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    May 2011
    Location
    macz
    Posts
    1,696
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    7
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by qiting Click here to enlarge
    ...
    Code:
    :local newLimit 128k/128k;
    :local maxBytes 21474836480;
     
    :local userStr [:tostr $user];
     
    :local ip [/ip hotspot active get [find user="$userStr"] address];
    :local bytes [/ip hotspot user get [find name="$userStr"] bytes-out];
    :local profile [/ip hotspot user get [find name="$userStr"] profile];
    :local rateLimit [/ip hotspot user profile get [find name="$userStr"] rate-limit];
     
    :if ($bytes > $maxBytes) do={
      :if ($rateLimit != $newLimit) do={
          /log info "[DOWNLOAD LIMIT] - $userStr has exceeded $maxBytes bytes downloaded, limiting profile to $newLimit";
         /queue simple set [find target-addresses="$ip/32"] max-limit=$newLimit limit-at=$newLimit;
          /ip hotspot user profile set [find name="$profile"] rate-limit=$newLimit;
       }
    }[/I]
    1. apakah settingan queue dibutuhkan di script ini?
    2. apakah ada settingan untuk catch connection dari user profile atau queue?
    3. kondisi apa saja yg saya butuhkan supaya script berjalan dengan semestinya?
    4. adakah teknik lain yang lebih mudah diterapkan bagi saya yg nubi ini untuk konsep traffic limit based volume di mikrotik?
    1. iya
    2. ada, traffic monitor.. koneksi dengan rate tertentu (treshold) akan mentrigger script (below/above) tapi berlaku per interface, bukan per IP
    3. script harus bersifat watchdog.. guk..guk..
    4. iya, di hotspot user limits, jika client mencapai akumulasi bytes yg ditentukan, maka client log-out
    jika yang dimaksudkan adalah ketika client setelah mencapai akumulasi bytes maksimal kemudian limit ratenya diturunkan, script diatas works
    hanya saja script harus setiap saat mengechek/monitor bytes yang terpakai oleh client dengan interval waktu tertentu.. you know what i mean..

    yups.. scheduler!!
    good luck..

  3. #3
    Status
    Offline
    pos_ronda's Avatar
    VIP Member
    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Sleman, Indonesia
    Posts
    887
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    ini sih secara umum disebut FUP (fair usage policy). coba aja googling FUP di mikrotik.
    Gunakan FreeRadius sebagai pengganti user manager

  4. #4
    Status
    Offline
    qiting's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    May 2012
    Location
    tanggerang selatan
    Posts
    3
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Anto.PJ Click here to enlarge
    1. iya
    2. ada, traffic monitor.. koneksi dengan rate tertentu (treshold) akan mentrigger script (below/above) tapi berlaku per interface, bukan per IP
    3. script harus bersifat watchdog.. guk..guk..
    4. iya, di hotspot user limits, jika client mencapai akumulasi bytes yg ditentukan, maka client log-out
    jika yang dimaksudkan adalah ketika client setelah mencapai akumulasi bytes maksimal kemudian limit ratenya diturunkan, script diatas works
    hanya saja script harus setiap saat mengechek/monitor bytes yang terpakai oleh client dengan interval waktu tertentu.. you know what i mean..

    yups.. scheduler!!
    good luck..
    waduh bang, sumpah makin kagak ngerti setelah baca reply-annya aaa Click here to enlarge


    Click here to enlarge Originally Posted by pos_ronda Click here to enlarge
    ini sih secara umum disebut FUP (fair usage policy). coba aja googling FUP di mikrotik.
    udah dicoba bang, ini saya udah tast test tist sana sini ampe bingung sendiri, apa settingan dasar hotspot nya yang salah apa bagaimana ahahaha Click here to enlarge



    mungkin saya harus banyak belajar lagi di settingan dasar mikrotik hotspotnya.
    bentar dulu dah abang2 coba saya tes lagi, ntar tanya lagi Click here to enlarge
    Last edited by qiting; 04-05-2013 at 00:50.

  5. #5
    Status
    Offline
    qiting's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    May 2012
    Location
    tanggerang selatan
    Posts
    3
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    bang misalnya saya udah setting mikrotiknya kaya gini

    Click here to enlarge

    Click here to enlarge


    terus kodenya begini
    Code:
    :local slowProfile 80k/80k;
    :local maxBytes 3145728;
     
    :local userStr [:tostr $user];
     
    :local ip [/ip hotspot active get [find user="$userStr"] address];
    :local bytes [/ip hotspot user get [find name="$userStr"] bytes-out];
    :local profile [/ip hotspot user get [find name="$userStr"] profile];
    :local rateLimit [/ip hotspot user profile get [find name="$userStr"] rate-limit];
     
    :if ($bytes > $maxBytes) do={
      :if ($rateLimit != $slowProfile) do={
          /log info "[DOWNLOAD LIMIT] - $userStr has exceeded $maxBytes bytes downloaded, limiting profile to $slowProfile";
         /queue simple set [find target-addresses="$ip/32"] max-limit=$slowProfile limit-at=$slowProfile;
          /ip hotspot user profile set [find name="$profile"] rate-limit=$slowProfile;
       }
    }
    jadi kalo saya coba ngertiin dikit, disitu saya ganti bagian dari settingan defaultnya
    Code:
    :local slowProfile 80k/80k;
    :local maxBytes 3145728;
    username : tes1
    username : tes2

    user Profiles tes1 :unlimited
    user Profiles tes2:slowProfile

    MaxBytes dengan koneksi 3 mb (3145728)

    hasil download dengan idm sebelum melewati 3 mb

    Click here to enlarge


    hasil download dengan idm setelah melewati 3 mb

    Click here to enlarge


    pertanyaan sederhana:
    1. bang ini salah saya dimana yak? itu ga terjadi apa2.. harusnya kan pas udah lewat 3 mb, datanya ke limit di bagian slowProfile dengan rate 80k/80k Click here to enlarge

    pernyataan sederhana:
    1. please help meee Click here to enlarge
    Last edited by qiting; 07-05-2013 at 02:40.

 

 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [ASK] Script ganti profile user hotspot jam tertentu
    By tatok in forum Scripting @ Mikrotik
    Replies: 15
    Last Post: 02-10-2012, 15:11
  2. bypass ke user profile
    By m51d in forum HotSpot, The Dude & User Manager
    Replies: 7
    Last Post: 06-04-2011, 01:10
  3. Replies: 3
    Last Post: 16-01-2011, 23:53
  4. ask? di server profile hotspot dan profile user
    By ud1geol in forum Beginner Basics
    Replies: 3
    Last Post: 10-05-2009, 10:22
  5. Replies: 3
    Last Post: 04-10-2008, 14:53

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •