Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 17
  1. #1
    Status
    Offline
    qodirly's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jan 2011
    Posts
    8
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    Smile [share] Script membatasi bandwidth berdasarkan IP di tabel ARP

    Script ini saya buat karena ip user sangat banyak dalam beberapa segmen network dan juga interface lokal lebih dari satu,
    apa lagi dia konek dengan ip dhcp sehingga tidak mungkin saya menambahkan queue satu persatu.
    Dan jika terlalu banyak filter akan memakan banyak memori router,
    cukup beberapa ip saja yang ditambahkan karena tidak semua ip online terus menerus melewati router gateway.

    Dan kenapa saya menggunaan ip yang ada di tabel ARP, karena semua client yang aktif dengan dhcp
    termasuk hotspot atau memakai ip static sekalipun, ip dia akan terbaca secara dinamik di tabel ARP.

    Berikut contoh script yang saya buat di router Mikrotik:

    Di menu /system scripts buat script dengan nama=queue_user dan sourcenya seperti berikut,

    Code:
    #add parent
    :if ([:len ([/queue simple find name=total])] <1) do={
    /queue simple add target-addresses="10.10.114.0/24,10.10.115.0/24,10.10.116.0/24,10.10.117.0/24" max-limit=2M/2M interface=all priority=7 name="total"
    }
    
    #import ip yang ada di ARP list
    :local ipusers [/ip arp find]
    :foreach h in $ipusers do={
    :local ipuser [/ip arp get $h address]
    :if ([:len $ipuser] >0) do {
    
    #ambil ipnya selain ip public
    :local ippublic [/ip arp get $h interface]
    :if ($ippublic !="eth-public") do {
    
    #add diqueue
    :if ( [:len ( [/queue simple find name=$ipuser] ) ] <1) do {
    :if ([:len ([/queue simple find name=others])]>0) do { /queue simple remove [find name=others] }
    /queue simple add target-addresses=$ipuser limit-at=256k/256k max-limit=512k/512k interface=all parent=total priority=7 name=$ipuser
    }
    }
    }
    }
    
    :if ([:len ([/queue simple find name=others])] <1) do {
    /queue simple add target-addresses="10.10.114.0/24,10.10.115.0/24,10.10.116.0/24,10.10.117.0/24" limit-at=256k/256k max-limit=512k/512k interface=all parent=total priority=7 name="others"
    }
    
    #delete yang tidak aktif
    :local ipold [/queue simple find]
    :foreach o in $ipold do={
    :local iplama [/queue simple get $o name]
    :if ([:len $iplama] >0) do {
    :if ( $iplama !="total") do={
    :if ($iplama !="others") do={
    :if ([:len ([/ip arp find address=$iplama])] <1) do={
    /queue simple remove [find name=$iplama]
    }
    }
    }
    }
    }
    Klik Run untuk menjalankan scriptnya

    Buat skedul untuk update ip-ipnya setiap 10 menit:
    buat di winbox di menu /system scheduler add
    name = queue_refresh
    start date = Jan/14/2011 (tanggal sekarang)
    start time = 13:50:00 (waktu sekarang)
    interval = 00:10:00 (run setiap 10 menit)
    on event = queue_user (nama scriptnya)
    centangin semua policynya dan tekan [Ok]

    semoga bermanfaat.



    thank you

  2. The Following 5 Users Say Thank You to qodirly For This Useful Post:


  3. #2
    Status
    Offline
    fahrezy's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Dec 2007
    Location
    indonesia
    Posts
    45
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    mau tanya neeh mas, kenapa pada queue total kok juga di limit 2M
    kemudian pada other dilimit 512Kb

    mohon pencerahanya

  4. #3
    Status
    Offline
    qodirly's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jan 2011
    Posts
    8
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by fahrezy Click here to enlarge
    mau tanya neeh mas, kenapa pada queue total kok juga di limit 2M
    kemudian pada other dilimit 512Kb

    mohon pencerahanya
    queue total itu cuma parent aja, ga usah dikasi jg gpp kok,
    kl queue others harus ada karena kl ada user yang tiba2 konek yang ipnya blm ada di list maka ip dia akan masuk di queue others dengan batasan 512k,
    ntar kl scadulnya update ip dia akan muncul di list.

  5. #4
    Status
    Offline
    Mandala's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    20
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Mohon pencerangan lg. Itu Script berlaku IX dan IIX ga? Atau ini khusus IX saja? karena di list address ak dah tak bedakan nice nya. Thanks

  6. #5
    Status
    Offline
    qodirly's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jan 2011
    Posts
    8
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Mandala Click here to enlarge
    Mohon pencerangan lg. Itu Script berlaku IX dan IIX ga? Atau ini khusus IX saja? karena di list address ak dah tak bedakan nice nya. Thanks
    Tidak.
    scrip ini hanya untuk simple queue, dan tidak mengenal destinationnya.
    jadi untuk ix dan iix limit banwidthnya sama.

  7. #6
    Status
    Offline
    qodirly's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jan 2011
    Posts
    8
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Mandala Click here to enlarge
    Mohon pencerangan lg. Itu Script berlaku IX dan IIX ga? Atau ini khusus IX saja? karena di list address ak dah tak bedakan nice nya. Thanks
    GAK.
    IX dan IIX di script ini limitnya sama.

  8. #7
    Status
    Offline
    a3m-nix's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Dec 2009
    Posts
    38
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    manteep gan, izin nyimak... Click here to enlarge

  9. #8
    Status
    Offline
    dewakun's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    cyber
    Posts
    16
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    thx ilmunya gan Click here to enlarge

  10. #9
    Status
    Offline
    angga_prast's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    3
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    di MT 2.9 (free) bisa gak ya gan??

  11. #10
    Status
    Offline
    arya32's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    May 2011
    Posts
    10
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Kalau supaya bisa dibedain koneksi IX sama IIX nya bisa gak ya??
    Click here to enlarge

  12. #11
    Status
    Offline
    roslawnet's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    16
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    tanpa script apa kita bisa menyeting manual mas melalui interface yang udah ada. maklum mas newbie. butuh wejangan. Click here to enlarge

  13. #12
    Status
    Offline
    kevin25's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Apr 2010
    Posts
    6
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    thx gan info nya

  14. #13
    Status
    Offline
    trizno's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    5
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    thanks gan...Click here to enlarge

  15. #14
    Status
    Offline
    tyang_dusun's Avatar
    Member Super Senior
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
    Posts
    521
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    1
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    ijin ninggalin jejak dul ne GAN

    NICE tread

  16. #15
    Status
    Offline
    sinichi's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Feb 2010
    Posts
    9
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    nyoba dulu scriptnya.. sapa tau bisa lebih maknyus koneksi ane

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 3 users browsing this thread. (1 members and 2 guests)

  1. adalton

Similar Threads

  1. script / blok berdasarkan active host! [netcut]
    By tjhoens in forum Scripting @ Mikrotik
    Replies: 38
    Last Post: 21-01-2013, 18:18
  2. Replies: 56
    Last Post: 20-09-2011, 19:23
  3. Script B/W berdasarkan Quota
    By deska in forum Scripting @ Mikrotik
    Replies: 2
    Last Post: 18-07-2009, 18:07
  4. [ask] Ngeset bandwidth berdasarkan hari?
    By joniquest in forum Scripting @ Mikrotik
    Replies: 2
    Last Post: 09-12-2008, 10:39
  5. script download nice.rsc dan import secara otomatis berdasarkan sceduler
    By ahmad.rifani in forum Scripting @ Mikrotik
    Replies: 4
    Last Post: 19-02-2008, 14:51

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •