Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Page 1 of 9 123 ... LastLast
Results 1 to 15 of 122
  1. #1
    Status
    Offline
    jacky10's Avatar
    Member Senior
    Join Date
    May 2008
    Location
    Indonesia
    Posts
    407
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    Smile Pilihan Anda Sebagai Karyawan atau Usahawan

    Click here to enlargePada hari minggu kemaren dalam sebuah undangan resepsi pernikahan, tanpa disangka saya bertemu seorang sahabat lama hamper 9 tahun tidak bertemu.Cerita punya cerita dia masih kerabat dari yang punya hajat pernikahan.Obrolan pendek pun berlangsung….

    Click here to enlargeIntinya dia mengeluhkan pekerjaan dia yang menjadi karyawan di Perusahaan Bidang Fabrikasi Elektronik. Intinya dia merasa tersiksa dengan keadaan yang ada,…Bekerja laksana robot kemudian mendapatkan salary diakhir bulan…nahhh yg menghantui perasaan dia adalah ada rencana PHK besar besaran karena perusahaan tersebut terancam tutupClick here to enlarge karena Investornya mengalihkan pabrik nya di Negara berkembang lainnya dengan alasan iklim investasi di Indonesia buruk dan ditambah kenyamanan Click here to enlargeinvestasi yang tidak terjamin. Akhirnya obrolan kami berakhir karena sya harus pulang dan kami pun saling memberi info no HP untuk saling komunikasi nantinya.

    Click here to enlargeDari obrolan tersebut malamnya saya berfikir untuk berbagi di forum ini bagaimana seharusnya kita menentukan langkah apakah kenyataan hidup sebagai karyawan/buruh atao sebagai usahawan walau UKM tapi powerfull.

    Pada dasarnya menjadi karyawan/buruh pun sangat bisa menopang kehidupan keluarga, seperti karyawan di Instansi Pemerintahan, BUMN maupun karyawan di perusahaan Swasta. Tapi sebagai karyawan seperti apa yg mampu menjadi tumpuan Hidup Keluarga?OK mungkin kita termasuk yang beruntung karena pengabdian kita sebagai karyawan membuahkan hasil dengan salary yang bagus, fasilitas dan tunjangan untuk keluarga yang cukup.Tapi kita tidak bisa menutup mata bahwa karyawan yg beruntung tersebut tidaklah sebanding dengan karyawan/buruh yang tidak beruntung, yang mana hanya mendapatkan salary yang syukur2 lebih tinggi sedikit dari UMR atau UMP.(maaf kenyataan regulasi di Indonesia yang mengatur hak buruh dan usahawan masih memihak kepada usahawan, akibatnya karyawan/buruh di Indonesia selalu berada diposisi lemah dan paling dirugikan). Sebagai contoh jika terjadi PHK missal kita hnya mampu menuntut pesangon yg syukur2 dikabulkan oleh pihak swasta(investor).Jikalaupun dapat pesangon sampai kapan bisa bertahan pesangon tersebut sampai kita mendapatkan pekerjaan baru???semudah itukah itukah kita mendapatkan pekerjaan baru di negeri ini, coba bandingkan antara pencari kerja dengan pekerjaan yang tersedia…..Kita bisa lihat sendiri di setiap Test masuk kerja apakah di Instansi pemerintahan maupun swasta??Menyedihkan bukan….Nah itu bukti bahwa Pemerintah kita gagal menyediakan lapangan kerja pagi rakyatnya….!!Click here to enlarge

    Nahh dari kenyataan tersebut, mengapa kita2 baik yg tidak menyandang gelar maupun yang bergelar ST,SKom,SH, atau SSSSSSS yang lain tidak mengubah pola fikir dan mengubah mental dari seorang mental karyawan atau bagi yg baru lulus dengan mimpi menjadi PNS serta memimpikan pekerjaan di perusahaan besar diubah mentalnya menjadi Mental Usahawan yang powerfull……??....Yahhh bisa difahami mengubah paradigm lama memang sulit tidak semudah membalik telapak tangan….

    Ok..kita sepakat banting setir menjadi Usahawan saja…Apakah mudah membangun sutu usaha yg mampu menjadi penopang hidup setidaknya bagi masa depan keluarga???
    Click here to enlarge
    JAWABANNYA TIDAK SEMUDAH YANG DIBAYANGKAN???
    AKAN TETAPI LEBIH MUDAH JIKA KITA MENJALANI SECARA LANGSUNG…

    Yang sulit adalah mengawali suatu usaha dimana kita selalu dibayang-bayangi ketakutan apakah yg kita jalani ini akan bisa berhasil atau tidak….Makanya saya selalu menekankan kesiapan mental sebelum memutuskan untuk memilih menjadi usahawan, dan mental tidak bisa disiapkan begitu saja tapi perlu proses dan pengalaman.

    KUNCINYA KERJA KERAS DAN PANTANG MENYERAH…NEVER GIVEUP BROOO
    “JIKA TIKUS DALAM GOT AJA BISA BERTAHAN HIDUP MASA KITA MANUSIA YANG BERAKAL TIDAK BISA BERTAHAN MENGHADAPI KESULITAN YANG ADA””
    Apa Mau kita disamakan sama tikus di got heheheheheheheClick here to enlarge

    Click here to enlargeAnda jangan pernah percaya ada suatu usaha yang bisa menjadikan anda kaya raya dalam waktu singkat…Bohong….Jika anda mempercayai hal tersebut lebih baik pergi ke kuncen gunung kawi menjadi member Forum Pesugihan saja…. Click here to enlarge

    Saya Berkeinginan Menjadi Usahawan tapi bidang apa yang yang akan saya garap???
    Click here to enlargeKeluarkan segala potensi anda, inventarisir prospek sekitar anda, perbanyak berjalan untuk melihat situasi dan potensi pasar yang ada. Jika anda pernah hidup di kota besar dan suatu saat anda berada di kota yang lebih kecil niscaya naluri bisnis anda akan terusik..Mengapa???Anda akan bilang pada diri anda betapa potensi luar bisaa terbantang disini,…kayaknya usaha apa saja bisa berjalan disini….Nahh disini anda sebenarnya naluri bisnis anda mulai terasah..heheheh walau baru sekian persen …..

    Saya sudah mendapatkan bidang usaha apa yang akan saya garap, tapi saya tidak punya modal…Gimana saya mesti memulai usaha saya tersebut….

    Anda sudah punya modall…..modal utama anda adalah Tekat bulat dan mental untuk memulai usaha….Click here to enlargeKepercayaan dan Kolega/mitra (ingat Bisnis adalah kepercayaan).
    Dalam suatu bisnis banyak cara yang ditempuh untuk First actions bisnis kita, bisa dari hal yang sederhana atau dengan modal pas pas an, menggunakan modal orang lain dengan system profit sharing ( tapi yang satu ini berpotensi sulit bagi2 profitnya apalagi profit cecehan/potensi konflik lebih tinggi), dan masih banyak cara lainnya.
    Contohnya sangat sederhana begini misalnya saya ingin bisnis counter HP/jualan pulsa, dan modal saya hanya satu juta rupiah apakah bisa saya realisasikan bisnis counter HP tersebut?? Sangat bisa….Nahhh kembali menggali potensi diri anda..mulai dari yang sederhana uang satu juta nihhh hari gini bisa untuk apa????
    Buat diri anda menjadi Trade Mark bagi usaha anda…buat lingkungan anda,kantor anda, temen2 anda tau bahwa jika butuh pulsa, anda bisa menyediakan, jika butuh aksisoris hp anda bisa memberikan dan jika perlu contain hp anda bisa mendownloadkan dan lain sebagainya. Dengan sendirinya bisnis anda akan berjalan dan relasi anda semakin bertambah….dengan kondisi seperti ini apakah impian anda membuka kios Counter HP tidak bisa terealisasi??? Coba Tanya dengan jujur dengan diri anda..
    Nahhh sebenarnya apa yang saya tulis disini baru 10 persen dari apa yang ingin saya bagi..yang pasti Anda jangan pernah melihat Kisah Sukses seseorang tapi lebih anda lebih baik dikisahkan sebagai usahawan sukses…So fahamilah bahwa kesuksesan tersebut tidak diraih dengan begitu saja tapi perlu proses dan terkadang pahit terasa……
    Dilain waktu saya ingin berbagi bagaimana membangun usaha UKM lainnya,membangun relasi bisnis, dan mengembangkan Usaha yang telah ada….
    Kerja keras anda Insya allah berbuah manis….”Allah tidak akan merubah nasib umatnya jika bukan umatnya sendiri yang merubahnya….” Syukuri segala hasil jerih payah anda walau masih sangat kecil…”Bersyukur merupakan salah satu bentuk control bisnis kita sehingga tetap berada di rell tujan bisnis itu sendiri, dan kita tidak menjadi kufur nikmat.
    Demikian dulu semoga bermanfaat….dilain waktu saya ingin berbagi lebih dalam lagi….betapa peluang usaha sangat luar bisaa bisa dikembangkan…..

  2. The Following 22 Users Say Thank You to jacky10 For This Useful Post:

    + Show/Hide list of the thanked


  3. #2
    Status
    Offline
    Mr. wireless's Avatar
    Member Senior
    Join Date
    Dec 2007
    Posts
    497
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    1
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Entrepreneurship dong...
    walopun cuma dpt dikit..tp berkah..
    apalagi kl kita dah punya pegawai..
    walopun belum bisa memberikan nilai yg terbaik untuk pegawai
    tetapi..kita dah berusaha untuk memberikan penghidupan untuk mereka


    thx
    //devall

  4. #3
    Status
    Offline
    ponywaterhouse's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Jul 2007
    Posts
    1,507
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    klo saya prinsip nya cuman satu, waktu masih sebagai karyawan, ataupun udah jadi usahawan..



    cintailah pekerjaan anda sekarang, dan berikan yg terbaik pada kerjaan anda..

  5. The Following 5 Users Say Thank You to ponywaterhouse For This Useful Post:


  6. #4
    Status
    Offline
    mossy's Avatar
    Member
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Jakarta, Cikarang
    Posts
    247
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by ponywaterhouse Click here to enlarge
    klo saya prinsip nya cuman satu, waktu masih sebagai karyawan, ataupun udah jadi usahawan..



    cintailah pekerjaan anda sekarang, dan berikan yg terbaik pada kerjaan anda..
    seeeee........7Click here to enlarge

  7. #5
    Status
    Offline
    warnet's Avatar
    Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    181
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    usahawan dgn karwayan sama ada kelebihan dan kekurangannya...

    usahawan bisa bangkrut
    karyawan bisa dipecat

  8. The Following User Says Thank You to warnet For This Useful Post:


  9. #6
    Status
    Offline
    chandragpln's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    41
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by jacky10 Click here to enlarge
    Nahhh sebenarnya apa yang saya tulis disini baru 10 persen dari apa yang ingin saya bagi..yang pasti Anda jangan pernah melihat Kisah Sukses seseorang tapi lebih anda lebih baik dikisahkan sebagai usahawan sukses…So fahamilah bahwa kesuksesan tersebut tidak diraih dengan begitu saja tapi perlu proses dan terkadang pahit terasa……
    Dilain waktu saya ingin berbagi bagaimana membangun usaha UKM lainnya,membangun relasi bisnis, dan mengembangkan Usaha yang telah ada….
    Kerja keras anda Insya allah berbuah manis….”Allah tidak akan merubah nasib umatnya jika bukan umatnya sendiri yang merubahnya….” Syukuri segala hasil jerih payah anda walau masih sangat kecil…”Bersyukur merupakan salah satu bentuk control bisnis kita sehingga tetap berada di rell tujan bisnis itu sendiri, dan kita tidak menjadi kufur nikmat.
    Demikian dulu semoga bermanfaat….dilain waktu saya ingin berbagi lebih dalam lagi….betapa peluang usaha sangat luar bisaa bisa dikembangkan…..
    bos jacky,
    anda nulis 10% aja sudah memberikan pencerahan, apalagi anda sharing 100%, bisa2 sekuruh peserta forum ini jadi enterpreuneur Click here to enlarge
    ditunggu lagi sharingnya bos, mudah2an bermanfaat bagi yg lain, termasuk saya.

  10. The Following User Says Thank You to chandragpln For This Useful Post:


  11. #7
    Status
    Offline
    roykeame's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    27
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by jacky10 Click here to enlarge
    Contohnya sangat sederhana begini misalnya saya ingin bisnis counter HP/jualan pulsa, dan modal saya hanya satu juta rupiah apakah bisa saya realisasikan bisnis counter HP tersebut?? Sangat bisa….Nahhh kembali menggali potensi diri anda..mulai dari yang sederhana uang satu juta nihhh hari gini bisa untuk apa????
    Buat diri anda menjadi Trade Mark bagi usaha anda…buat lingkungan anda,kantor anda, temen2 anda tau bahwa jika butuh pulsa, anda bisa menyediakan, jika butuh aksisoris hp anda bisa memberikan dan jika perlu contain hp anda bisa mendownloadkan dan lain sebagainya. Dengan sendirinya bisnis anda akan berjalan dan relasi anda semakin bertambah….dengan kondisi seperti ini apakah impian anda membuka kios Counter HP tidak bisa terealisasi??? Coba Tanya dengan jujur dengan diri anda..
    Pak Jacky saya setuju dengan statement anda , kebetulan yang anda tulis sama seperti yang sedang saya jalankan , alhamdulillah dari modal Rp 200.000 jualan pulsa elektrik sampai sekarang saya sudah mempunyai agen dan dealer , dari temen ketemen saudara dirumah semua melalui pendekatan kekeluargaan mereka pasti mau isi pulsa di kita dengan harga justru dibawah harga counter. dari modal pas pasan cuma hp doang gak punya tempat karena cuma modal relationship. gak menutup kemungkinan adanya batu sandungan terutama orang ngutangClick here to enlarge , tapi harus pinter pinter mensiasatinya hehehe Click here to enlarge ada triknya kok , justru dengan orang ngutang pendapatan kita akan jauh lebih besar .

    demikian share dari pengalaman pribadi saya.

    sekarang saya alhamdulilah dah ada counter.

  12. The Following User Says Thank You to roykeame For This Useful Post:


  13. #8
    Status
    Offline
    lini's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Karawaci
    Posts
    1,960
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    2 (100%)
    jadi godfathernya usahawan deh..pasti hidup banyak duit dr upeti Click here to enlarge

    sayang gak ada tampang jadi itu Click here to enlarge

  14. #9
    Status
    Offline
    fanatiCanz's Avatar
    Calon Member
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Jakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    98
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    waduh... baru sadar selama ini saya punya tekad tapi ga bulet Click here to enlarge

    sindrom males emang bsia ngerusak masa depan Click here to enlarge

  15. The Following User Says Thank You to fanatiCanz For This Useful Post:


  16. #10
    Status
    Offline
    donipermono1982's Avatar
    Moderator
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    2,810
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    kadang kita masih mengalami beban moral di lingkungan sekitar atau keluarga, tapi kalau pendapat gw pribadi selama masih bekerja, uang yang di hasilkan dari salary di kumpulkan/di tabung untuk membuat usaha, syukur2 bisa di daped dari kerjaan ilmunya atau bakat, jaman sekarang mau ambil kredit di bank persyarartannya ribet belum lagi bungannya yg mencekik, jadi sebenarnya mau jadi karyawan atau usahawan sama aja, tergantung pinter2 kita mensikapinya aja. dengan menjadi karyawan kita punya modal untuk mengembangan usaha yg baru jalan. Click here to enlarge tapi bagi yg tidak bekerja y jalan satu2nya memang tekad yg bulat dulu, harus extra kerja keras untuk mendapat kan hasil. karena rejeki tidak datang pada orang yg malas !

    yg perlu di inget : usaha yg mau di jalani kita harus tau dulu seluk beluknya, cara kerjanya dan kita sendiri mengerti cara menghadapinya jika terjadi masalah. intinya sudah mengerti bidang usaha yang ingin di geluti sebelum berusaha.
    Last edited by donipermono1982; 30-11-2008 at 11:09.

  17. The Following User Says Thank You to donipermono1982 For This Useful Post:


  18. #11
    Status
    Offline
    mtomstone's Avatar
    Member
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    116
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Enterpreneur dongk....
    ada tmn cuma usha rt/rw net hasilnya 2x gaji PNS lhoClick here to enlarge

  19. #12
    Status
    Offline
    rahwana's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
    Posts
    1,337
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Sebenarnya ada hal lain yang sangat mendasar yang musti tetap diingat oleh siapapun waktu membaca thread ini. Pada dasarnya, manusia itu sudah diciptakan dengan talenta yang berbeda2. Artinya, ada orang yang memang hidupnya bisa menjadi boss (bisa itu artinya belum tentu jadi boss kalau nggak mau usaha). Tapi ada juga orang yang memang pola pikirnya sudah tercipta sebagai karyawan.
    Semuanya baik dan semuanya benar kalau apa yang dilakukannya memang sudah sesuai 'kodratnya' tadi. Kalau seseorang tercipta sebagai leader tapi dia terpaksa bekerja sebagai bawahan, maka hidupnya tidak akan nyaman karena dia berada pada posisi bertentangan dengan kodratnya. Tapi ada orang yang memang 'kemampuannya' adalah sebagai karyawan. Mau dikasih duit atau jabatan apapun, ya pasti 'hancur' kalau dia sebagai pemimpin karena dia tidak mengerti apa yang harus dilakukan.
    So, be yourself... itu yang paling benar. Dalami kemampuan (bukan kemauan) kita secara benar, maka kita akan tahu apa yang paling tepat untuk diri kita. Dan lakukan dengan sepenuh hati.

  20. #13
    Status
    Offline
    jacky10's Avatar
    Member Senior
    Join Date
    May 2008
    Location
    Indonesia
    Posts
    407
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    Smile

    Click here to enlarge Originally Posted by roykeame Click here to enlarge
    Pak Jacky saya setuju dengan statement anda , kebetulan yang anda tulis sama seperti yang sedang saya jalankan , alhamdulillah dari modal Rp 200.000 jualan pulsa elektrik sampai sekarang saya sudah mempunyai agen dan dealer , dari temen ketemen saudara dirumah semua melalui pendekatan kekeluargaan mereka pasti mau isi pulsa di kita dengan harga justru dibawah harga counter. dari modal pas pasan cuma hp doang gak punya tempat karena cuma modal relationship. gak menutup kemungkinan adanya batu sandungan terutama orang ngutangClick here to enlarge , tapi harus pinter pinter mensiasatinya hehehe Click here to enlarge ada triknya kok , justru dengan orang ngutang pendapatan kita akan jauh lebih besar .

    demikian share dari pengalaman pribadi saya.

    sekarang saya alhamdulilah dah ada counter.
    Selamat bung anda adalah generasi bangsa yang mandiri dan tidak tergantung pada pemerintah yang g sanggup menyediakan lapangan kerja.
    Terus kembangkan usaha anda....Sekali lagi selamat

  21. #14
    Status
    Offline
    mtomstone's Avatar
    Member
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    116
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    mantap Click here to enlarge

  22. #15
    Status
    Offline
    happiers07's Avatar
    Member
    Join Date
    Apr 2009
    Posts
    162
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Aq sangat tertarik sekali dengan article kaya gini, dapat membangunkan adrenalinku.Memang usaha dan tekad yg bulat menjadi penentu masa depan kita. Aq juga mo crita sedikit nih supaya yg lain juga dapat tergugah kl usahawan tu memang mengasyikan.

    Aq masih seorang mahasiswa, dengan uang saku pas2an karena memang keadaan orang tua yg pas2an, supaya uang saku bertambah akhirnya aku berniat membangun usaha di kampungku sendiri dan akhirnya aq buka warnet dengan modal pas2an dan pengetahuan yg kurang (padahal kuliahku di IT tp ga dong kl soal kompi hehe) dengan banyak bertanya di forum dan temen2 akhirnya jadilah 1 buah warnet kecil.Sangat kecil karena hnya 4 client saja.pertama memang sangat kesulitan karena dikampungku yg kecil internet belum begitu respek tp dengn keyakinan yg teguh.....pelanggan mulai berdatangan seiring berkembangnya TI di Indonesia.

    Mulai dari situlah usahaku berkembang....aq memberanikan diri untuk tambah kompi menjadi 10 kompi yg tdnya cuma 4 kompi.Dari situ keuntungn sudah mulai dirasakn dan kecintaanku terhadap kompipun telah dimulai.Tak berhenti sampai disitu saja aq mulai memberanikan diri untuk membuka cabang ke desa lain dengan modal hutang dari bank....

    Tp buah dari hasil yg aq capai adalah baru smster 4 kuliahku jadi berantakan karena aq tinggal buat ngurusin usaha Click here to enlarge but it's OK, kuliah dapat di kejar tp kesempatan tak dapat di kejar Click here to enlarge

    Note: usaha dan tekad yg gigih akan mendapatkan hasil yg memuaskan, itulah yg aq terapkan selama ini termasuk mendapatkan pacar idamanku hehehe.....

  23. The Following User Says Thank You to happiers07 For This Useful Post:


 

 
Page 1 of 9 123 ... LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Tinggalkan Zona Kenyamanan Anda Segera!
    By [a] in forum Refresh your mind and Opinion
    Replies: 34
    Last Post: 13-07-2016, 22:52
  2. Replies: 32
    Last Post: 28-11-2012, 00:27
  3. HOW TO : Melindungi Pelanggan/User Anda
    By [a] in forum Firewall
    Replies: 42
    Last Post: 17-01-2012, 17:21
  4. Kabel LAN yang anda pake
    By juniorbrother in forum Chit Chat
    Replies: 49
    Last Post: 04-08-2009, 19:59
  5. Di antara 2 pilihan ISP
    By cyberuk in forum Chit Chat
    Replies: 1
    Last Post: 30-04-2008, 19:33

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •