Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 21
  1. #1
    Status
    Offline
    xxx123's Avatar
    Member
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    156
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    banyak pertanyaan dari newbie mohon di jawab kk...

    ada beberapa hal yang sampe saat ini membuat bingung saya ttg set microtik :

    > webproxy :

    1. apakah setingan web proxy saya di bawah ini ud benar :
    [admin@MikroTik] ip web-proxy> pr
    enabled: yes
    src-address: 192.168.0.0
    port: 3128
    hostname: "proxy"
    transparent-proxy: yes
    parent-proxy: 0.0.0.0:0
    cache-administrator: "webmaster"
    max-object-size: 4096KiB
    cache-drive: system
    max-cache-size: none
    max-ram-cache-size: unlimited
    status: running
    reserved-for-cache: 0KiB
    reserved-for-ram-cache: 21504KiB

    Pengaturan di nat sbb :
    chain=dstnat in-interface=ether2 src-address=192.168.0.0/24 protocol=tcp dst-port=80
    action=redirect to-ports=3128

    Mohon di koreksi...

    2. dikatakan microtik dapat berfungsi sebagai web-proxy, apakah kapasitas ram PC
    yang di gunakan untuk pc router microtik berpengaruh pd kinerja web-proxy?

    3. apakah system kerja web-proxy sama spt squid ? menyimpan cache?
    jd tidak boros Bandwidth ?

    4. apa perbedaan antara web-proxy dan proxy yang ada di microtik ?
    jika berbeda bagus mana kinerja nya ?
    5. admin@MikroTik] ip web-proxy> pr
    enabled: yes
    src-address: 192.168.0.0
    port: 3128

    apa yang membedakan antara port 3128 dan port 8080 dan port 8082??
    mohon petunjuknya.

    6. apa gunanya clear cache pake web-proxy??
    setiap brapa kali dalam hitungan hari atau minggu harus di clear cache?

    7. bagaimana cara perhitungan dari system webh-proxy > perhitungan tsb berdasarakan kapasitas HD atau Ram ?
    * max object size,Max cache size,max ram cache size

    > TENTANG QUEUE TREE

    sepertinya saya telah membaca semua tutorial dan pertanyaan ttg queue tree di forum ini
    tetapi saya belum menemukan tutorial yang tepat sptnya.

    mohon sekiranya saya di beri tutorial yang jelas bagaimana cara mengatur queue tree dengan benar dengan PCQ
    dan bagaimana pengaturan di mangle.

    scrip saya :

    0 ;;; UP-Client
    chain=prerouting in-interface=ether2 src-address=192.168.0.0/24 action=mark-packet
    new-packet-mark=test-up passthrough=no

    1 ;;; Conn-MARK
    chain=forward src-address=192.168.0.0/24 action=mark-connection
    new-connection-mark=test-conn passthrough=yes

    2 ;;; Down-Direct
    chain=forward in-interface=pppoe-speedy connection-mark=test-conn action=mark-packet
    new-packet-mark=test-down passthrough=no

    3 ;;; DOWN-PROXY
    chain=output out-interface=ether2 dst-address=192.168.0.0/24 action=mark-packet
    new-packet-mark=test-down passthrough=no

    4 X ;;; IIX DAN IX
    chain=prerouting in-interface=ether2 dst-address-list=nice action=mark-connection
    new-connection-mark=conn-iix passthrough=yes


    > TENTANG LOG MANAGEMENT

    dulu pernah ada temen saya yang bantu set log management di microtik
    jd kalo ada orang yang buka web apa langusng terbaca di log di winbox


    bagaimana pengaturan log management di micotik agar dapet spt yang saya katakan diatas.


    > Ip TABLE DI MICROTIK

    gmn caranya membatasi ip di warnet / ip table?


    mohon sekiranya para master microtik berkenan membagi ilmunya

    trima kasih
    Last edited by xxx123; 27-08-2007 at 03:18.

  2. #2
    Status
    Offline
    d3v4's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    di alam baka
    Posts
    1,015
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by xxx123 Click here to enlarge
    ada beberapa hal yang sampe saat ini membuat bingung saya ttg set microtik :

    > webproxy :

    1. apakah setingan web proxy saya di bawah ini ud benar :
    [admin@MikroTik] ip web-proxy> pr
    enabled: yes
    src-address: 192.168.0.0
    port: 3128
    hostname: "proxy"
    transparent-proxy: yes
    parent-proxy: 0.0.0.0:0
    cache-administrator: "webmaster"
    max-object-size: 4096KiB
    cache-drive: system
    max-cache-size: none
    max-ram-cache-size: unlimited
    status: running
    reserved-for-cache: 0KiB
    reserved-for-ram-cache: 21504KiB

    Pengaturan di nat sbb :
    chain=dstnat in-interface=ether2 src-address=192.168.0.0/24 protocol=tcp dst-port=80
    action=redirect to-ports=3128

    Mohon di koreksi...
    liat yang src address nya :
    Code:
       [admin@MikroTik] ip web-proxy> pr
                     enabled: yes
    	         src-address: 192.168.0.0/24 <=== klo merujuk ke nat nya ini yang bener 
                        port: 3128
                    hostname: "proxy"
          	 	transparent-proxy: yes
    2. dikatakan microtik dapat berfungsi sebagai web-proxy, apakah kapasitas ram PC
    yang di gunakan untuk pc router microtik berpengaruh pd kinerja web-proxy?
    menurut pengalaman gw kurang memuaskan.. lebih sip pake linux
    klo ga salah mikrotik hanya support MAXIMAL RAM 512 klo lebih dari itu jadi "resource nganggur" Click here to enlarge

    di coba aja broo klo ga coba ga tau bedanya.. Click here to enlarge


    3. apakah system kerja web-proxy sama spt squid ? menyimpan cache?
    jd tidak boros Bandwidth ?
    betuul Click here to enlarge di mana2 proxy sama menyimpan object web yang bisa di "cache" (soalnya banyak juga yang ga bisa dan ga boleh di cache Click here to enlarge)

    4. apa perbedaan antara web-proxy dan proxy yang ada di microtik ?
    jika berbeda bagus mana kinerja nya ?
    nah.. ini dia.. harus nanya normis dulu ... soalnya ane ga tau Click here to enlarge

    5. admin@MikroTik] ip web-proxy> pr
    enabled: yes
    src-address: 192.168.0.0
    port: 3128

    apa yang membedakan antara port 3128 dan port 8080 dan port 8082??
    mohon petunjuknya.
    klo bosen sama 3128 atau 8080 boleh juga pake port 1111 atau 2222 asal jangan pake port yang udah banyak di pake orang Click here to enlarge (e.g port 80 web server 53 dns server 21 ftp server dll)

    6. apa gunanya clear cache pake web-proxy??
    setiap brapa kali dalam hitungan hari atau minggu harus di clear cache?
    klo menurut pengalaman gw.. clear cache perlu klo proxy nya udah "bottle neck" alias udah ga beres bekerjanya. ini bisa di sebabkan bermacam-macam contohnya hardisk nya udah ga kuat, buffering memmory udah ga stabil, proxy kehajar data gede dalam waktu yang melebihi kemampuan cepat hardisk nulis, dll dst.

    klo waktunya... terserah ente.. klo pake squid ada program PURGE yang menahan kapasitas cache 98&#37;. selain hot_object_cache di delet otomatis.. ga tau klo di mikrotik.

    7. bagaimana cara perhitungan dari system webh-proxy > perhitungan tsb berdasarakan kapasitas HD atau Ram ?
    * max object size,Max cache size,max ram cache size
    klo gw buat perhitungan berdasarkan RESPONS buka web nya.. selama respon nya masih bagus.. gedein aja kapasitas HD nya.

    > TENTANG QUEUE TREE

    sepertinya saya telah membaca semua tutorial dan pertanyaan ttg queue tree di forum ini
    tetapi saya belum menemukan tutorial yang tepat sptnya.

    mohon sekiranya saya di beri tutorial yang jelas bagaimana cara mengatur queue tree dengan benar dengan PCQ
    dan bagaimana pengaturan di mangle.

    scrip saya :

    0 ;;; UP-Client
    chain=prerouting in-interface=ether2 src-address=192.168.0.0/24 action=mark-packet
    new-packet-mark=test-up passthrough=no

    1 ;;; Conn-MARK
    chain=forward src-address=192.168.0.0/24 action=mark-connection
    new-connection-mark=test-conn passthrough=yes

    2 ;;; Down-Direct
    chain=forward in-interface=pppoe-speedy connection-mark=test-conn action=mark-packet
    new-packet-mark=test-down passthrough=no

    3 ;;; DOWN-PROXY
    chain=output out-interface=ether2 dst-address=192.168.0.0/24 action=mark-packet
    new-packet-mark=test-down passthrough=no
    4 X ;;; IIX DAN IX
    chain=prerouting in-interface=ether2 dst-address-list=nice action=mark-connection
    new-connection-mark=conn-iix passthrough=yes
    bagian /que tree nya mana broo ??

    coba liat lagi di sini deh
    Code:
    http://www.forummikrotik.com/showthread.php?t=302


    > TENTANG LOG MANAGEMENT

    dulu pernah ada temen saya yang bantu set log management di microtik
    jd kalo ada orang yang buka web apa langusng terbaca di log di winbox


    bagaimana pengaturan log management di micotik agar dapet spt yang saya katakan diatas.
    itu log proxy server klo di squid access.log.. klo gw milih ga ngelog.. menuh2in hardisk ngeberatin PC apalagi mikrotik... hiiiiiiiii ngeri mati sendiri karena kebanyakan log Click here to enlarge

    > Ip TABLE DI MICROTIK

    gmn caranya membatasi ip di warnet / ip table?
    ip tables -t nat -A INPUT kaga adaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa Click here to enlarge Click here to enlarge

    coba ke /ip firewall di situ ada semua...

    klo kurang paham pake command mending pake winbox broo banyak yang bisa di liat....

    pegel juga ngetik banyak pertanyaan nya......... ahahahah Click here to enlarge
    Last edited by d3v4; 27-08-2007 at 03:34.

  3. #3
    Status
    Offline
    xxx123's Avatar
    Member
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    156
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    wwkwkw ga ada 30 menit ud di jawab ama master microtik


    sory lupa kasi scrip queue tree nya :
    [admin@MikroTik] queue tree> pr
    Flags: X - disabled, I - invalid
    0 name="down-client" parent=ether2 packet-mark=test-down limit-at=50000 queue=default
    priority=8 max-limit=335000 burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s

    1 name="up-client" parent=global-in packet-mark=test-up limit-at=50000 queue=default priority=8
    max-limit=128000 burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s
    [admin@MikroTik] queue tree>

    wa ud lakuin yang di web :

    tpi yang queuetree downnya malah ga jalan.
    terus wa bingung nih kalo wat seting di client net di set di personal ( di web )
    atau gmn ??
    --------------------------------------------------------


    kk apakah besarnya ram pd microtik berpengaruh pada kinerja web-proxy??
    info pls....

  4. #4
    Status
    Offline
    d3v4's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    di alam baka
    Posts
    1,015
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    klo pake PCQ buat /que tree nya cuma pake :
    Code:
    Nah setelah beres urusan mangling ini, kita lanjut ke pembuatan queue tree :
    /queue tree add name=down parent=Local queue=default
    /queue tree add name=up parent=global-in queue=default
    coba baca lagi yang teliti tutorial nya .. Click here to enlarge


    masalah ram kek nya ga gitu ngaruh deh klo mikrotik.. klo linux minimal 2 Gig + tune UP

    baru mantab... Click here to enlarge

  5. #5
    Status
    Offline
    xxx123's Avatar
    Member
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    156
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by d3v4 Click here to enlarge
    klo pake PCQ buat /que tree nya cuma pake :
    Code:
    Nah setelah beres urusan mangling ini, kita lanjut ke pembuatan queue tree :
    /queue tree add name=down parent=Local queue=default
    /queue tree add name=up parent=global-in queue=default
    coba baca lagi yang teliti tutorial nya .. Click here to enlarge


    masalah ram kek nya ga gitu ngaruh deh klo mikrotik.. klo linux minimal 2 Gig + tune UP

    baru mantab... Click here to enlarge
    sekalian donk om ajarin tutorialnya

    ud kebelet nih pengen bisa queue tree dengan bener


    thanks before

  6. #6
    Status
    Offline
    xxx123's Avatar
    Member
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    156
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by xxx123 Click here to enlarge
    sekalian donk om ajarin tutorialnya

    ud kebelet nih pengen bisa queue tree dengan bener


    thanks before
    Click here to enlarge sundul Click here to enlarge

  7. #7
    Status
    Offline
    d3v4's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    di alam baka
    Posts
    1,015
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    duh.. gw juga bingung yang bener yang mana... yang jelas... klo kita kasih 64 ya di speedtest 68 - 6 kbps an. menurut gw sih itu yang bener Click here to enlarge

  8. #8
    Status
    Offline
    xxx123's Avatar
    Member
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    156
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by d3v4 Click here to enlarge
    duh.. gw juga bingung yang bener yang mana... yang jelas... klo kita kasih 64 ya di speedtest 68 - 6 kbps an. menurut gw sih itu yang bener Click here to enlarge


    teruys gunanya clear cache apaan ya om??
    dan setiap brapa kali musti clear cache

    info pls

  9. #9
    Status
    Offline
    [a]
    [a]'s Avatar
    Administrator
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Jakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    1,729
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    1 (100%)
    gunanya clear cache yah berarti ngosongin cache bro...

    logikanya dan kegunannya sih mungkin hampir sama dengan kita musti sering defrag partisi kita kali yah....cuma seharusnya sih kita ga perlu sering2 clear cache....namun karena keadaan2 yang sebelumnya dah disebutin bro D3V4 yang mengharuskan kita meng-clear cache...

    sebrapa kali? jawaban ini yang paling tau lo bro...karena ini musti sesuai dengan kondisi yg ada dan sepengalaman lo juga...

    CMIIW yahh..

  10. #10
    Status
    Offline
    Harno's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Alas Roban
    Posts
    15
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    tanya juga ah....maap ts ikutan nanya yaks...
    apakah secara default cache web-proxy akan didelete jika reboot ???

  11. #11
    Status
    Offline
    xxx123's Avatar
    Member
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    156
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Harno Click here to enlarge
    tanya juga ah....maap ts ikutan nanya yaks...
    apakah secara default cache web-proxy akan didelete jika reboot ???

    ikutan nunggu jawaban dari pertanyaan ini
    kk master tolong donk di jwab and bagi2 ilmu nya

    sekalian nambah pertanyaan dari statment kk d3va

    web proxy perlu di clear cache jika terjadi "bottle neck"

    taunya kalo ud "bottle neck" di lihat atau di cek dari mana

    info pls

    tq

  12. #12
    Status
    Offline
    [a]
    [a]'s Avatar
    Administrator
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Jakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    1,729
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    1 (100%)
    taunya dah bottle neck kalo dari client dah terasa lambat...padahal biasanya ga kaya gitu...dan dari sisi isp ga ada masalah...jadi kecurigaan bisa jatuh ke bottle neck yang ada di proxy cache...

    klo reboot cache akan kosong lagi apa ngga...hmm tunggu besok gua tes reboot di kantor yak....hehehehe...

    tapi, setiap entry dicache itu sebenernya ada time to live-nya...jadi ga akan selamanya ada di cache....klo TTL-nya dah sampe, bakal didelete secara otomatis sama mikrotik...

  13. #13
    Status
    Offline
    d3v4's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    di alam baka
    Posts
    1,015
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    ^
    @ Click here to enlarge betul sekali.. keadaan bottle neck bisa di liat dari respon client..


    klo maslah reboot mikrotik trus cache ilang... kek nya nggak deh.. tapi klo isi cachenya udah terlalu banyak si proxy di mikrotik nya suka ga mau idup.. alias NGADAAATTTT ahahahahhaha Click here to enlarge

  14. #14
    Status
    Offline
    [a]
    [a]'s Avatar
    Administrator
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Jakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    1,729
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    1 (100%)
    hmm...kenapa yah so far gua ga pernah kena masalah sama proxy...

    apa karena bandwidth yg dipake lumayan kali yah....jadinya klo proxynya bermasalah pun...ga berasaaaa....Click here to enlarge

    btw...pingin banget nih nyobain squid proxy with mikrotik...cuma kesempatan blum ada...dan experimental of the month saat ini prioritasnya lagi : Asterisk PBX, dan Linux Thin Client POS...

    duh..duh..mau bgt tuh sebenernya pake squid...

  15. #15
    Status
    Offline
    xxx123's Avatar
    Member
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    156
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by [a] Click here to enlarge
    taunya dah bottle neck kalo dari client dah terasa lambat...padahal biasanya ga kaya gitu...dan dari sisi isp ga ada masalah...jadi kecurigaan bisa jatuh ke bottle neck yang ada di proxy cache...

    klo reboot cache akan kosong lagi apa ngga...hmm tunggu besok gua tes reboot di kantor yak....hehehehe...

    tapi, setiap entry dicache itu sebenernya ada time to live-nya...jadi ga akan selamanya ada di cache....klo TTL-nya dah sampe, bakal didelete secara otomatis sama mikrotik...


    kalo dari log ada tulisan ini gmn kk :

    aug/28 21:30:28 system,info,account user admin logged in via winbox
    aug/28 21:30:30 pppoe,ppp,info pppoe-speedy: terminating... - disconnected
    aug/28 21:30:30 pppoe,ppp,info pppoe-speedy: disconnected
    aug/28 21:30:33 pppoe,ppp,info pppoe-speedy: initializing...
    aug/28 21:30:33 pppoe,ppp,info pppoe-speedy: dialing...
    aug/28 21:30:35 pppoe,ppp,info pppoe-speedy: terminating... - failed to authenticate ourselves

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [ask] failover load balance
    By iannilianto in forum General Networking
    Replies: 15
    Last Post: 29-05-2011, 18:33
  2. [Q] Dari NoL
    By NAT in forum Beginner Basics
    Replies: 8
    Last Post: 14-01-2008, 09:25
  3. Mohon pemcerahan dung
    By steve_luck_boy in forum General Networking
    Replies: 11
    Last Post: 06-07-2007, 07:08

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •