Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Page 3 of 4 FirstFirst 1234 LastLast
Results 31 to 45 of 58
  1. #31
    Status
    Offline
    lini's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Karawaci
    Posts
    1,961
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    2 (100%)
    Click here to enlarge Originally Posted by yogii Click here to enlarge
    hehe mungkin karena murmer upsnya, tapi emang 12v om lini. baterynya juga kecil.. btw kenapa baterynya 12v ya, sementara outputnya baca 195-245 Vac. apa ups ini ada inverternya ya?
    semua ups pasti ada inverternya Click here to enlarge

  2. The Following User Says Thank You to lini For This Useful Post:


  3. #32
    Status
    Offline
    kwildan's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Sep 2012
    Posts
    32
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    manthabs nih infonya ... Click here to enlarge

  4. #33
    Status
    Offline
    kwildan's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Sep 2012
    Posts
    32
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    kalo om saya sih pakai aki yuasa (12V-120ah) kalo katanya dia tahan bisa sampe 3 jam tapi hanya baru pernah di tes dua jam itu jga perangkatnya ada .... sektoral 2, proxy 1, router pc1, sama monitor .. Click here to enlarge

  5. #34
    Status
    Offline
    yogii's Avatar
    Member Senior
    Join Date
    Jun 2010
    Location
    Batam - Indonesia
    Posts
    416
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    1
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by luluknet24 Click here to enlarge
    Maaf ya bro, lebih baik untuk urusan modif memodif UPS serahin ke ahlinya aja daripada ntar meleduk trus kena mata atau anggota badan lainnya dan mungkin yang terburuk bisa menimbulkan kebakaran.Atau kalo memang tetap mau dikerjakan sendiri sebaiknya ada yg mendampingi yang tau soal elektronika atau listrik. batere UPS memang kebanyakan bervoltase 12V sama dengan voltase aki mobil/Motor, makanya aki mobil banyak dipake untuk substitusi batere bawaan UPS. Kelihatannya memang mengadopsi sistem inverter yang di lengkapi sistem switch elektronik dan charger internal yang menghasilkan output AC 190-240V.
    terima kasih gan..

    iya sih gan, takut juga main main ma listrik.. hehe, masih mikir mikir juga, kalau beli inverter yg buat server mahal, kalau ups di modif takut ga aman. tapi pengen coba juga aki yg spt om lini bilang aki 40AH. tapi kalau kegedean watt takut pendinginnya ga kuat.. inverter yang diatas 1000 watt itu kayanya besar pendingin aja ya?
    pendingin ups saya kecil kaya heatsink processor bisa ga ya??


    Click here to enlarge Originally Posted by Ye_Nan_Thien Click here to enlarge


    bisa pake aki 2 biji.

    pengalaman lebih dari 8 jam kuat nyalain RB n UBNT lumayan banyak.

    UPS modif serem bos, dah pernah kebakar UPSnya.
    mahal banget harganya ya om Click here to enlarge.. tapi enaknya dikasih tau juga maksimal aki yang eksternal yang bisa digunakan..
    Last edited by yogii; 26-09-2012 at 23:16.

  6. #35
    Status
    Offline
    Maxis's Avatar
    Member
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Jakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    152
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    sebaiknya jangan menggunakan ups, karena akan banyak membuang daya listrik untuk disipasi panas pada inverter

    gunakan prinsip aki motor/mobil, walaupun kendaraan jalan 24 jam lebih tidak ada masalah dengan aki, dan jika digunakan untuk starter tetep bisa normal
    pada aki motor/mobil, pengisian aki 12v dianggap penuh jika tegangan aki mencapai 14.4v, pada titik tegangan aki = tegangan charger, maka sudah tidak ada aliran listrik lagi dari charger ke aki

    dan arus pengisian aki adalah sebesar 10% dari kapasitas amper nya, misal aki motor 6A, bisa di cas dengan travo minimal 0.6 ampere, tapi sebaiknya kasih toleransi >20% atau travo 2 ampere untuk menjaga travo tetep dingin menghadapi jumping start pada saat aki dalam keadaan kosong

    dengan demikian aki bisa disambungkan dengan charger secara terus menerus yang berupa travo 15v + dioda penyearah, ditambah lagi 1 dioda yang dipasang seri setelah dioda penyearah gunanya untuk menurunkan tegangan menjadi 14.3vdc

    skema:

    listrik pln====travo 15vac 2 ampere====dioda bridge 5ampere====dioda seri 5ampere====aki 12v 6a====access point / rb (beban)

    secara perhitungan, aki 12v 6a bisa menyuplai tegangan 12v dengan arus sebesar 6 ampere selama 1 jam, jadi kalo misalnya kebutuhan beban ap 1 ampere, maka akan bisa menyuplai ap selama 6 jam

    jika ap yang digunakan 24v maka harus menggunakan 2bh aki yag di pasang secara seri.

    jika ingin backup yang lebih lama lagi, bisa gunakan kapasitas ampere yang lebih besar. tentunya dengan prinsip perhitungan diatas.

    sebaiknya gunakan aki basah yang lebih kebal terhadap kerusakan akibat kokosongan aki
    Last edited by Maxis; 27-09-2012 at 01:24.

  7. The Following User Says Thank You to Maxis For This Useful Post:


  8. #36
    Status
    Offline
    Anto.PJ's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    May 2011
    Location
    macz
    Posts
    1,696
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    7
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Maxis Click here to enlarge
    listrik pln====travo 15vac 2 ampere====dioda bridge 5ampere====dioda seri 5ampere====aki 12v 6a====access point / rb (beban)
    ane cuma quote ini om..
    mending pake regulator (IC regulator + transistor power)
    dalam konversi tegangan AC ke DC, selalu ada faktor 1.41
    berasal dari sqrt[2] = 1.4142135623730950488016887242097
    15 VAC disearahkan maka outputnya 15 x 1.41 = 21,15 VDC.. drop tegangan memang ada, jika dayanya besar, misal saat kapasitas aki dibawah 50%, tapi saat kapasitasnya diatas 50%, arus pengisian mulai agak berkurang tegangan bakal naik lagi.. dioda seri hanya mengurangi tegangan sebesar 1,4 volt (silikon = 0,7 V)

    CMIIW
    Last edited by Anto.PJ; 27-09-2012 at 02:36. Reason: 1.41

  9. The Following User Says Thank You to Anto.PJ For This Useful Post:


  10. #37
    Status
    Offline
    Maxis's Avatar
    Member
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Jakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    152
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Anto.PJ Click here to enlarge
    ane cuma quote ini om..
    mending pake regulator (IC regulator + transistor power)
    dalam konversi tegangan AC ke DC, selalu ada faktor 1.41
    berasal dari sqrt[2] = 1.4142135623730950488016887242097
    15 VAC disearahkan maka outputnya 15 x 1.41 = 21,15 VDC.. drop tegangan memang ada, jika dayanya besar, misal saat kapasitas aki dibawah 50%, tapi saat kapasitasnya diatas 50%, arus pengisian mulai agak berkurang tegangan bakal naik lagi.. dioda seri hanya mengurangi tegangan sebesar 1,4 volt (silikon = 0,7 V)

    CMIIW
    kalo gak salah faktor 1.41 itu rumus buat tegangan gelombang penuh dc dari dioda setelah disambung ke kapasitor elco

    kasus ini diambil dari prinsip kelistrikan dari motor/mobil. dari generator langsung ke kiprok, kemudian ke aki (gak pake elco)
    jadi tegangan efektif tetep mengacu dari tegangan rms travo-nya
    bisa aja pake dc stabilizer, tapi nanti biaya jadi bengkak.. dan charger yg pake stabilizer biasanya 13.8vdc
    Last edited by Maxis; 27-09-2012 at 03:43.

  11. #38
    Status
    Offline
    Anto.PJ's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    May 2011
    Location
    macz
    Posts
    1,696
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    7
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Maxis Click here to enlarge
    kalo gak salah faktor 1.41 itu rumus buat tegangan setengah gelombang dc dari dioda setelah disambung ke kapasitor elco
    aki dan elco prinsip kerjanya hampir mirip kan??
    Click here to enlarge Originally Posted by Maxis Click here to enlarge
    kasus ini diambil dari prinsip kelistrikan dari motor/mobil. dari generator langsung ke kiprok, kemudian ke aki (gak pake elco)
    jadi tegangan efektif tetep mengacu dari tegangan rms travo-nya
    bisa aja pake dc stabilizer, tapi nanti biaya jadi bengkak.. dan charger yg pake stabilizer biasanya 13.8vdc
    yang om maksud dengan kiprok itu sebenarnya adalah regulator terintegrasi.., berapa pun input dari alternator.. outputnya tetap 13,8 volt..
     
    Click here to enlarge


    pasti ada ide busuk dari sini... wkwkwkw
    Last edited by Anto.PJ; 27-09-2012 at 04:00. Reason: nambah gambar

  12. #39
    Status
    Offline
    Maxis's Avatar
    Member
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Jakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    152
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Anto.PJ Click here to enlarge
    aki dan elco prinsip kerjanya hampir mirip kan??
    beda, coba bandingkan/ukur tegangan jika disambungkan ke aki atau ke elco, ke elco jauh lebih tinggi kalo gak ada beban, tapi begitu ada beban, tegangan akan turun drastis

    o ya, sedikit koreksi, untuk dioda bridge, sebaiknya menggunakan komponen kiprok dari sepeda motor yang saat ini sudah canggih yang ada proteksi tegangan lebih-nya

  13. #40
    Status
    Offline
    Maxis's Avatar
    Member
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Jakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    152
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Anto.PJ Click here to enlarge

    pasti ada ide busuk dari sini... wkwkwkw
    idenya, itu dulu kakak sy pernah ada tape mobil dan aki pasang buat di kamar, adaptor di sambung ke aki basah nonstop 24 jam secara menahun. nyatanya aki masih bertahan dan kalo mati lampu ttp bisa setel musik. paling kontrol air aki-nya aja..

  14. #41
    Status
    Offline
    kawox's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Rumah simbah
    Posts
    35
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    5
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Inverter yang dipasaran itu kalo di rakit sendiri sedemikian rupa dengan aki juga beli aki mobil itu kira" aman g ya?

  15. #42
    Status
    Offline
    Anto.PJ's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    May 2011
    Location
    macz
    Posts
    1,696
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    7
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Maxis Click here to enlarge
    beda, coba bandingkan/ukur tegangan jika disambungkan ke aki atau ke elco, ke elco jauh lebih tinggi kalo gak ada beban, tapi begitu ada beban, tegangan akan turun drastis
    kalo trafonya 1 A tegangan 12V, beban 10-15 W ya ada drop..
    kalo trafonya 10 A tegangan 12V beban 10-15 W.. aku melihat asap dan mencium bau tidak enak Click here to enlarge

  16. #43
    Status
    Offline
    Maxis's Avatar
    Member
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Jakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    152
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by kawox Click here to enlarge
    Inverter yang dipasaran itu kalo di rakit sendiri sedemikian rupa dengan aki juga beli aki mobil itu kira" aman g ya?
    aman aja
    nanti harus dikasih relay yg coil-nya 220vac untuk mengaktifkan inverter

  17. #44
    Status
    Offline
    Maxis's Avatar
    Member
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Jakarta, Indonesia, Indonesia
    Posts
    152
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Anto.PJ Click here to enlarge
    kalo trafonya 1 A tegangan 12V, beban 10-15 W ya ada drop..
    kalo trafonya 10 A tegangan 12V beban 10-15 W.. aku melihat asap dan mencium bau tidak enak Click here to enlarge
    fungsi aki di motor/mobil justru mentabilkan tegangan menjadi tetap di kisaran 12vdc, bukan untuk melonjakkan jadi 21v
    coba aja tanya ke montir motor, kalo aki dilepas/tanpa aki, biasanya lampu motor pada cepet putus. logika yg sederhana...

    walaupun aki dikasih travo sampe 1000000.. A(angka nol-nya boleh diperbanyak sendiri, hehe.. ), selama voltase travo <= voltase aki, maka tidak akan ada aliran listrik. tidak akan ada asap...
    Last edited by Maxis; 01-10-2012 at 22:46.

  18. #45
    Status
    Offline
    yogii's Avatar
    Member Senior
    Join Date
    Jun 2010
    Location
    Batam - Indonesia
    Posts
    416
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    1
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Maxis Click here to enlarge
    fungsi aki di motor/mobil justru mentabilkan tegangan menjadi tetap di kisaran 12vdc, bukan untuk melonjakkan jadi 21v
    coba aja tanya ke montir motor, kalo aki dilepas/tanpa aki, biasanya lampu motor pada cepet putus. logika yg sederhana...
    berarti dari fungsi diatas aki sebagai sumber listrik bukan penstabil.. Click here to enlarge apa output dari aki stabil di 12vdc ya? ga naik dan ga turun?

    tq om.....

 

 
Page 3 of 4 FirstFirst 1234 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 18 users browsing this thread. (0 members and 18 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 8
    Last Post: 18-08-2010, 10:47
  2. Konfigurasi SMS saat Listrik down
    By awuawu in forum Scripting @ Mikrotik
    Replies: 3
    Last Post: 14-12-2009, 14:11
  3. Replies: 0
    Last Post: 29-08-2009, 15:38

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •