Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Results 1 to 10 of 10
  1. #1
    Status
    Offline
    reef33's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jul 2007
    Posts
    5
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    ASK - nanya ratio

    Dear all,

    Kalo boleh tau, untuk koneksi 128 KBPS, ratio user yang ideal untuk diterapin berapa yah ? Kalo keperluannya untuk browsing, email dan chat aja.

    Mungkin temen2 ada yang udah pernah jalanin ?

  2. #2
    Status
    Offline
    locantop's Avatar
    Member
    Join Date
    Jul 2007
    Posts
    268
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by reef33 Click here to enlarge
    Dear all,

    Kalo boleh tau, untuk koneksi 128 KBPS, ratio user yang ideal untuk diterapin berapa yah ? Kalo keperluannya untuk browsing, email dan chat aja.

    Mungkin temen2 ada yang udah pernah jalanin ?
    kayanya 20 clien bisa jalan.

  3. The Following User Says Thank You to locantop For This Useful Post:


  4. #3
    Status
    Offline
    c0nf's Avatar
    Contributor
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Bandung, Indonesia
    Posts
    1,816
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    kalo ala isp sih, 128 1:4 masih bisa nge handle 16 client, asal dibantu proxy.
    tapi ngga jelas juga sih ya
    tergantung yg pake nya

  5. The Following User Says Thank You to c0nf For This Useful Post:


  6. #4
    Status
    Offline
    reef33's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jul 2007
    Posts
    5
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by c0nf Click here to enlarge
    kalo ala isp sih, 128 1:4 masih bisa nge handle 16 client, asal dibantu proxy.
    tapi ngga jelas juga sih ya
    tergantung yg pake nya
    1:4 maksudnya apa yah ? ...... apa jadi total nya 16x4 = 64 client gitu ?

  7. #5
    Status
    Offline
    c0nf's Avatar
    Contributor
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Bandung, Indonesia
    Posts
    1,816
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    jaman2 kemaren (ngga tau skrg) isp2 suka jualan bandwidth nya diecer.
    128kbps 1:4 itu artinya 128kbps dibagi ke 4 konsumen (dalam hal ini warnet) jadi tiap warnet akan mendapat bandwidth minimal 32kbps dan up to 128kbps. nah dari bandwidth ini sama si warnet dibagikan lagi ke konsumen mereka, tapi karena bandwidth yg pasti mereka terima itu kecil banget (32kbps minimal) jadi untuk menggenjot speed, mereka menggunakan squid box.
    jadi kalo diitung2 di atas kertas, jadinya 128kbps itu bisa digunakan oleh sekitar 64 komputer dengan logika bahwa setiap user hanya akan mendapat minimal 2kbps dan max 128kbps.

  8. #6
    Status
    Offline
    unique_leader's Avatar
    Member Super Senior
    Join Date
    Jul 2007
    Posts
    639
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    5
    Uploads
    0
    Feedback Score
    1 (100%)
    aku punya BW 256 trus di pake untuk 19 user. kebutuhannya browsing, chatting, download dan OL game. rencananya mikrotik nya mo di pasang squidbox. kira2 mencukupi ga ya. ato malah kurang

  9. #7
    Status
    Offline
    balimore's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jul 2007
    Posts
    43
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    ----
    hai teman,
    sebetulnya kalo boleh saya bilang, anda harus pandai pandai untuk mengatur packet untuk user[s]. jangankan 19 users 2 users pun mungkin tidak cukup jika salah satu dari user sedang menggunakan download atau upload besar2an.
    bisa anda bayangkan kapasitas ethernet rata2 10Mbps dan anda memiliki 256kbps, kalo boleh saya berpikir masih sepersekian bw anda dari kemampuan lan cardnya pengguna. tapi jangan kecil hati karena dengan mikrotik anda bisa mengatur sesuai apa yang anda rencanakan.
    saya disini menggunakan 128kbps 1:1. juga cukup asal di atur.
    kalo boleh ngomong hindari aplikasi atau program yang memiliki Refresh paling cepat. karena semakin sering refresh semakin besar juga kebutuhan bw nya. ma'af ya.....!!! contohnya: chatting

    salam,
    Hasbullah.com
    -----

    Click here to enlarge Originally Posted by unique_leader Click here to enlarge
    aku punya BW 256 trus di pake untuk 19 user. kebutuhannya browsing, chatting, download dan OL game. rencananya mikrotik nya mo di pasang squidbox. kira2 mencukupi ga ya. ato malah kurang
    Last edited by balimore; 05-08-2007 at 11:29.

  10. #8
    Status
    Offline
    c0nf's Avatar
    Contributor
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Bandung, Indonesia
    Posts
    1,816
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    kalo kita ngikutin kemauan konsumen, yang namanya bandwidth itu ngga akan pernah cukup. mau dikasih 1mbps aja pasti mereka bilang pelan. jadi solusinya adalah bandwidth managemen.
    dan jangan lupa, dikasih kejelasan ke konsumen, apa itu yang namanya bandwidth. biar mereka ngga jadi salah pengertian.
    tadinya mau bikin maju bangsa, malah bisa2 jadi pembodohan
    hehhehe
    Click here to enlargeClick here to enlarge

  11. #9
    Status
    Offline
    balimore's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jul 2007
    Posts
    43
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    ----
    betul..karena user[s] dimana2 tahunya, kok cepat....kok lambat.

    salam,
    Hasbullah.com
    ----
    Click here to enlarge Originally Posted by c0nf Click here to enlarge
    kalo kita ngikutin kemauan konsumen, yang namanya bandwidth itu ngga akan pernah cukup. mau dikasih 1mbps aja pasti mereka bilang pelan. jadi solusinya adalah bandwidth managemen.
    dan jangan lupa, dikasih kejelasan ke konsumen, apa itu yang namanya bandwidth. biar mereka ngga jadi salah pengertian.
    tadinya mau bikin maju bangsa, malah bisa2 jadi pembodohan
    hehhehe
    Click here to enlargeClick here to enlarge

  12. #10
    Status
    Offline
    geonet_comp's Avatar
    Member Super Senior
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    527
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by reef33 Click here to enlarge
    Dear all,

    Kalo boleh tau, untuk koneksi 128 KBPS, ratio user yang ideal untuk diterapin berapa yah ? Kalo keperluannya untuk browsing, email dan chat aja.

    Mungkin temen2 ada yang udah pernah jalanin ?
    Enakan 1:15 kalo mau maksa yah 1:20

    kalo disini rumahan mah aku pake 384kbps 1:20 buat user sih Click here to enlarge

 

 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •