Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Results 1 to 9 of 9

Thread: vpn di mikrotik

  1. #1
    Status
    Offline
    ketut's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    13
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    vpn di mikrotik

    Alo rekan semua, mau tanya nih...vpn sudah berhasil dibuat dan udah jalan pake pptp server mikrotik, trus knp pc saya tidak bisa share file antar pc padahal pc tersebut sudah bisa saya ping, apakah ada rule-rule yang hrs saya buat atau bagaimana?

    terimakasih jawabannya


    PC Saya -- Mikrotik -- ISP A -- ISP B --- Mikrotik(PPTPServer) -- PC C, PC B, PC D dll

  2. #2
    Status
    Offline
    j0dy's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Semarang - Jakarta PP
    Posts
    59
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    VPN di mikrotik bisa dibuat dengan eoIP alias tunneling melalui Internet. By the way RTFM (Read The Fuckin Manual) Click here to enlarge for Mikrotik ya

    yang harus diset adalah :
    1. Di MT sisi anda (A), buat interface eoip tunnel. isi remote address dengan ip public ISP B (tujuan), isi tunnel id (misal, tunnel id=10).
    2. add ip address (misal = 192.168.0.1/30) dengan interface eoip tunnel yang telah dibuat.
    3. Di MT sisi lawan (B), buat interface eoip tunnel. isi remote address dengan ip public ISP A, isi tunnel id dengan tunnel id=10 (harus sama !!)
    3. add ip addrees (misal = 192.168.0.2/30) dengan interface eoip tunnel yang telah dibuat.
    4. tidak usah di route alias gak usah dikasih gateway.
    5. coba ping satu sama lain. kalo reply berarti OK. (ini baru ping antar router)
    6. Baru masukin satu satu routing ke masing-masing network yang mau dituju. (static route) dengan catatan, router lawan harus menjadi gateway clientnya
    7. coba ping langsung ke ip komputer lawan dari komputer anda, kalo nyaut berarti ok.
    8. kalo gak nyaut, coba ditraceroute, brenti dimana, trus buka dulu sumpelannya biar lancar hehehe....
    6. selesai deh...

    konfigurasi ini sudah saya terapkan untuk VPN jakarta - surabaya (dengan ISP berbeda antar kotanya), saya bisa ping, transfer data, voice, dll langsung ke komputer client di surabaya dengan komputer client di jakarta.

    regards,

    semoga bermanfaat...
    Click here to enlarge
    Last edited by j0dy; 13-05-2008 at 17:06.

  3. The Following 5 Users Say Thank You to j0dy For This Useful Post:


  4. #3
    Status
    Offline
    t3rm's Avatar
    Member Super Senior
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    665
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by ketut Click here to enlarge
    Alo rekan semua, mau tanya nih...vpn sudah berhasil dibuat dan udah jalan pake pptp server mikrotik, trus knp pc saya tidak bisa share file antar pc padahal pc tersebut sudah bisa saya ping, apakah ada rule-rule yang hrs saya buat atau bagaimana?

    terimakasih jawabannya


    PC Saya -- Mikrotik -- ISP A -- ISP B --- Mikrotik(PPTPServer) -- PC C, PC B, PC D dll
    Gak ada di network neighbourhood atau gak bisa sharring walau sudah pake cara dengan \\<nomor-ip\

    ?

    Coba cek lagi rule filtering, jangan - jangan nyangkut disana ..

    Click here to enlarge

  5. #4
    Status
    Offline
    ketut's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    13
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Ga ada firewallnya kk, di network neighbourhood maupun ketik \\ipaddress juga ga jalan, apanya ya kira2, saya sih blm coba pake eoip, cuman coba pakai pptp aja

    salam

  6. #5
    Status
    Offline
    ketut's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    13
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Saya buat rancangan seperti ini

    Click here to enlarge

    terus ngikuti tutorial seperti dibawah (copy dari url seseorang), ini diimplementasikan baru di jaringan LAN (blm ke internet)

    Untuk Router ISP A

    / ip address

    add address=192.168.1.1/29 network=192.168.1.0 broadcast=192.168.1.7 \

    interface=PUBLIC comment=”” disabled=no

    add address=192.168.3.1/24 network=192.168.3.0 broadcast=192.168.3.255 interface=PRIVATE \

    comment=”” disabled=no

    Lalu aktifkan pptp-server dan pptp-secret nya :

    / interface pptp-server

    add name=”remote_B” user=”ketut” disabled=no

    / interface pptp-server server

    set enabled=yes max-mtu=1460 max-mru=1460 authentication=mschap1,mschap2 \

    keepalive-timeout=30 default-profile=default-encryption

    / ppp secret

    add name=”ketut” service=pptp caller-id=”” password=”12345" profile=default \

    local-address=20.1.1.1 remote-address=20.1.1.2 routes=”” limit-bytes-in=0 \

    limit-bytes-out=0 comment=”” disabled=no

    Setelah kita aktifkan pptp server dan pptp secrets nya, kita juga harus mengaktifkan interface eoip nya dengan perintah :

    / interface eoip

    add name=”eoip-remote” mtu=1500 mac-address=FE:13:A4:1E:41:10 arp=enabled \

    remote-address=20.1.1.2 tunnel-id=0 comment=”” disabled=no

    Yang paling terpenting di perhatikan yaitu remote-address dan tunnel-id nya.

    Langkah terakhir kita aktifkan juga brigde antara interface nya, lalu aktifkan juga port masing2 interface antara interface PRIVATE,PUBLIC dan EOIP nya.Berikut perintahnya:

    / interface bridge

    add name=”bridge1" mtu=1500 arp=enabled stp=no priority=32768 ageing-time=5m \

    forward-delay=15s garbage-collection-interval=4s hello-time=2s max-message-age=20s \

    comment=”” disabled=no

    / interface bridge port

    add interface=PUBLIC bridge=bridge1 priority=128 path-cost=10 comment=”” disabled=no

    add interface=eoip-remote bridge=bridge1 priority=128 path-cost=10 comment=”” \

    disabled=no

    add interface=PRIVATE bridge=bridge1 priority=128 path-cost=10 comment=”” disabled=no

    Selesai.

    Untuk Router ISP B

    / ip address

    add address=192.168.1.2/29 network=192.168.1.0 broadcast=192.168.1.7 \

    interface=PUBLIC comment=”” disabled=no

    add address=192.168.3.100/24 network=192.168.3.0 broadcast=192.168.3.255 interface=PRIVATE \

    comment=”” disabled=no

    Aktifkan juga pptp client nya :

    / interface pptp-client

    add name=”pptp” user=”ketut” connect-to=192.168.1.1 password=12345 mtu=1500 mru=1500

    / interface pptp-client client

    set enabled=yes

    Lalu aktifkan interface eoip nya :

    / interface eoip

    add name=”eoip” mtu=1500 mac-address=FE:13:A4:1E:41:10 arp=enabled \

    remote-address=20.1.1.1 tunnel-id=0 comment=”” disabled=no

    Disini perhatikan juga remote-adress dan tunnel-id nya.

    Terakhir kita juga harus mengaktifkan bridge dan juga portnya setiap interfacenya.

    / interface bridge

    add name=”bridge1" mtu=1500 arp=enabled stp=no priority=32768 ageing-time=5m \

    forward-delay=15s garbage-collection-interval=4s hello-time=2s max-message-age=20s \

    comment=”” disabled=no

    / interface bridge port

    add interface=PUBLIC bridge=bridge1 priority=128 path-cost=10 comment=”” disabled=no

    add interface=eoip bridge=bridge1 priority=128 path-cost=10 comment=”” \

    disabled=no

    add interface=PRIVATE bridge=bridge1 priority=128 path-cost=10 comment=”” disabled=no

    Selesai sudah konfigurasi kita.

    Untuk percobaan silakan ping terlebih dahulu antara ip tunneling nya disini ip nya yaitu :

    20.1.1.1 dan 20.1.1.2. --->> Dari ROuter (baik A dan B)HAsil OK


    Ping ke komputer client ---->>> Hasil OK

    Tapi.......

    Saya lihat di interface kedua router Aktivitas nya sampai 10 mbps, padahal saya tidak ada melakukan transfer apapun antar pc client..

    Kira-kira ada maslah dimana ya? sebelum saya implementasikan ke Public network?

    Ada saran rekan-rekan sekalian?

    Terimakasih banyak

  7. #6
    Status
    Offline
    adil_stelk10's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    5
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    VPN di Mikrotik

    Click here to enlarge Originally Posted by ketut Click here to enlarge
    Alo rekan semua, mau tanya nih...vpn sudah berhasil dibuat dan udah jalan pake pptp server mikrotik, trus knp pc saya tidak bisa share file antar pc padahal pc tersebut sudah bisa saya ping, apakah ada rule-rule yang hrs saya buat atau bagaimana?

    terimakasih jawabannya


    PC Saya -- Mikrotik -- ISP A -- ISP B --- Mikrotik(PPTPServer) -- PC C, PC B, PC D dll
    >>>>>>
    Mungkin bisa di kirimkan panduan membuat vpn server PPTP di Mikrotik. Tks

    ADIL

  8. #7
    Status
    Offline
    sum14rdi's Avatar
    VIP Member
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Tambun-Bekasi
    Posts
    860
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    1 (100%)

    sekedar tambahan bacaan.....

    sekedar untuk tambahan bacaan...
    bisa merujuk

  9. The Following User Says Thank You to sum14rdi For This Useful Post:


  10. #8
    Status
    Offline
    klontong's Avatar
    Member
    Join Date
    Jul 2010
    Location
    Bekasi - Timur
    Posts
    116
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by j0dy Click here to enlarge
    VPN di mikrotik bisa dibuat dengan eoIP alias tunneling melalui Internet. By the way RTFM (Read The Fuckin Manual) Click here to enlarge for Mikrotik ya

    yang harus diset adalah :
    1. Di MT sisi anda (A), buat interface eoip tunnel. isi remote address dengan ip public ISP B (tujuan), isi tunnel id (misal, tunnel id=10).
    2. add ip address (misal = 192.168.0.1/30) dengan interface eoip tunnel yang telah dibuat.
    3. Di MT sisi lawan (B), buat interface eoip tunnel. isi remote address dengan ip public ISP A, isi tunnel id dengan tunnel id=10 (harus sama !!)
    3. add ip addrees (misal = 192.168.0.2/30) dengan interface eoip tunnel yang telah dibuat.
    4. tidak usah di route alias gak usah dikasih gateway.
    5. coba ping satu sama lain. kalo reply berarti OK. (ini baru ping antar router)
    6. Baru masukin satu satu routing ke masing-masing network yang mau dituju. (static route) dengan catatan, router lawan harus menjadi gateway clientnya
    7. coba ping langsung ke ip komputer lawan dari komputer anda, kalo nyaut berarti ok.
    8. kalo gak nyaut, coba ditraceroute, brenti dimana, trus buka dulu sumpelannya biar lancar hehehe....
    6. selesai deh...

    konfigurasi ini sudah saya terapkan untuk VPN jakarta - surabaya (dengan ISP berbeda antar kotanya), saya bisa ping, transfer data, voice, dll langsung ke komputer client di surabaya dengan komputer client di jakarta.

    regards,

    semoga bermanfaat...
    Click here to enlarge


    gan kl yang punya ip publik hanya di satu sisi saja bgmn contohnya :

    MT1 : IP Publik
    MT2 : Gak ada IP Publik

    bisa ga bkin tunnel kya gni, kl bsa bgian mn yang kudu d'rubah, teye agan !!!


    gak ada matinya tuk belajar MT Click here to enlarge Click here to enlarge Click here to enlarge Click here to enlarge Click here to enlarge Click here to enlarge

  11. #9
    Status
    Offline
    cupliz's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    15
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    6. Baru masukin satu satu routing ke masing-masing network yang mau dituju. (static route) dengan catatan, router lawan harus menjadi gateway clientnya
    ini yg dijakarta ama yg surabaya satu network apa beda network gan?

 

 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •