Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 16
  1. #1
    Status
    Offline
    harry_ds's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    2
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    Exclamation [ask] bagaimana cara install mikrotik pada IP im2 kabelvision yang IPnya dinamic ???

    maaf master2 yang budiman kalo sekiranya pertanyaan ini sangat sering diulang2 dan newbie bangeut Click here to enlarge. jgn kan setting mikrotik, ngistallnyaaza wa lom tahu Click here to enlarge

    oke lsg aza, saya kerja di sebuah warnet dengan mekai koneksi dari ISP IM2 kablevison paket soho dan IPnya Dinamic. sementara ini kami menggunakan gateway sangat sederhana sekali dan sangat2 simple ngeshare melalui pc server yang pake winxp sp1 dengan 2 lancard realtek yang di share koksinya ke 10 client. sehingga menghasilkan ip seperti terlihat dibawah ini :
    Code:
    Windows IP Configuration
    
            Host Name . . . . . . . . . . . . : server
            Primary Dns Suffix  . . . . . . . :
            Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
            IP Routing Enabled. . . . . . . . : Yes
            WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No
            DNS Suffix Search List. . . . . . : indosat.net.id
    
    Ethernet adapter KONEKSI:
    
            Connection-specific DNS Suffix  . : indosat.net.id
            Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139 Family PCI Fast Ethe
    rnet NIC #2
            Physical Address. . . . . . . . . : 00-11-95-61-75-47
            Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : Yes
            Autoconfiguration Enabled . . . . : Yes
            IP Address. . . . . . . . . . . . : 2xx.83.4.xx
            Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.128
            Default Gateway . . . . . . . . . : 219.83.4.1
            DHCP Server . . . . . . . . . . . : 10.255.9.16
            DNS Servers . . . . . . . . . . . : 202.155.0.10
                                                202.155.0.15
            Lease Obtained. . . . . . . . . . : 30 Agustus 2007 2:49:32
            Lease Expires . . . . . . . . . . : 05 September 2007 7:59:03
    
    Ethernet adapter SHARE GATEWAY:
    
            Connection-specific DNS Suffix  . :
            Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139 Family PCI Fast Ethe
    rnet NIC
            Physical Address. . . . . . . . . : 00-1B-11-5A-FB-D1
            Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : No
            IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.0.100
            Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
            Default Gateway . . . . . . . . . :
            DNS Servers . . . . . . . . . . . : 202.155.0.10
                                                202.155.0.15
    yang menjadi pertanyaan wa :

    1. Bagaimana Cara install mikrotik dari nol ?

    2. Bagaimana langkah2 wa sebelom mikrotik terinstall, apa saja yang harus dipersiapkan ????

    3. Bagaimana caranya supaya mikrotik bisa bekerja dengan IP dinamic, kaerna persepsi wa (maaf kalo salah) mikrotik identik dengan statik IP

    4. kalo PC routernya sudah up bagaimana ngatur dns dan pembagian IP lokalnya

    5. Dengan opsi 12 Client, bagaimana caranya 10 client di limit bw, tapi yang 2 tidak ???

    6. Dan dimana saya bisa download mikrotik yang full ???

    atas bantuan, pencerahan dan masukannya wa ucapkan banyak terima kasih. semoga yang maha kuasa memberikan kemudahan dalam segala urusan kepada master2 semua seperti wa yang dimudahkan dan di bantu dalam pemahaman mikrotikl ini oleh master2. Click here to enlargeClick here to enlargeClick here to enlarge


    ehmm .......... pada intinya wa butuh kail bukan ikannya hehehehehe Click here to enlarge
    Last edited by harry_ds; 30-08-2007 at 05:33. Reason: nambah pertanyaan :)

  2. #2
    Status
    Offline
    harry_ds's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    2
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    oh iyah sampe lupa modemnya menggunkan motorola dan lan card pertama diset ke auto ip

  3. #3
    Status
    Offline
    Arlinet's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    11
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Kalo pake mikrotik... kamu cukup aktifkan dhcp clientnya.... semoga membantu...


    warnet nya dimana bro...??Click here to enlargeClick here to enlarge

  4. #4
    Status
    Offline
    c0nf's Avatar
    Contributor
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Bandung, Indonesia
    Posts
    1,816
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    biar agak jelas sdikit
    ethernet yang ke arah modem ngga usah dikasih ip, tapi diaktifin aja ip->dhcp client nya.

  5. #5
    Status
    Offline
    watchoutz's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    37
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    wow harry_ds yg terkenal dari kasak kusuk Click here to enlarge
    hehehe... ya.. tinggal aktifkan dhcp client doank dah beres seperti yg dibilang para master

  6. #6
    Status
    Offline
    tajid.yakub's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    17
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Code:
    yang menjadi pertanyaan wa :
    1. Bagaimana Cara install mikrotik dari nol ?
    Seperti halnya install OS yang lain kok, tinggal next next next selesai, bedanya kalau install M$ bisa 30 menit- 1 jam kalau instal mikrotik cuma 5 menit Click here to enlarge.. konfigurasi sesuai dengan kebetuhan kita nantinya dilakukan setelah OS terinstal

    Code:
    2. Bagaimana langkah2 wa sebelom mikrotik terinstall, apa saja yang harus dipersiapkan ????
    Secara umum, siapkan PC yang ingin diinstall (rekomendasi lebih dari 1 Ethernet Card), pastikan speknya cukup.. spek untuk instalasi mikrotik tidak terlalu tinggi kok, asal ada memori, hdd (storage), dan cpu yang jalan Click here to enlarge.. secara khusus ya nggak ada, dengan asumsi bahwa ini di warnet dan sebelumnya sudah running harusnya sih tidak ada lagi tambahannya...

    Code:
    3. Bagaimana caranya supaya mikrotik bisa bekerja dengan IP dinamic, kaerna persepsi wa (maaf kalo salah) mikrotik identik dengan statik IP
    bisa kok, sisa jalankan /ip dhcp-client , tentukan bahwa interface Public yang kamu punya IP nya di dapet dari DHCP



    Code:
    4. kalo PC routernya sudah up bagaimana ngatur dns dan pembagian IP lokalnya
    masukkan dns dari ispnya (202.155.0.10, 202.155.0.15) di /ip dns setting


    Code:
    5. Dengan opsi 12 Client, bagaimana caranya 10 client di limit bw, tapi yang 2 tidak ???
    tinggal di atur di queuenya saja.. (berdasarkan ip address client), berikut contoh scr shot jika menggunakan simple-queue




    Code:
    6. Dan dimana saya bisa download mikrotik yang full ???
    hehe coba baca-baca di
    buat coba-coba aja dulu.. ntar buat kedepannya beli aja.. murah kok Click here to enlarge

    Informasi tambahan, kalau untuk koneksi berbasiskan jaringan kabel vision, setiap ganti ethernet card (ganti MAC Address) kita harus minta di reset-host ke ispnya ..

    Sebenernya sih lebih enak sikat langsung om, instal dulu baru bingungnya setelah instal Click here to enlarge, gutlak ya kawan Click here to enlargeClick here to enlargeClick here to enlarge

  7. #7
    Status
    Offline
    oracle's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    18
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    kk aku udah donlot.. tapi udah aku burn ke CD. tapi koq nga mau di instal ya.. artinya nga bisa boot. jd nga bisa ngebaca setelah di boot ke CD room..

    cara nge burnnya gimana kk. apakah di extract dulu dari file.rar-nya. setelah di extract apa langsung di burn...? itu udah aku coba koq tetap nga mo boot ya.. caranya gimana kk minta penjelasanny.


    thank's

  8. #8
    Status
    Offline
    ponywaterhouse's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Jul 2007
    Posts
    1,507
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    di burnnya sebagai iso...
    jangan sebagai data..

  9. #9
    Status
    Offline
    oracle's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Aug 2007
    Posts
    18
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    terimakasih banyak mas ponywaterhouse ^^

    mas harry_ds kalo udah berhasil... di sharing ya mas.... pls.
    aku juga masih bingung. udah saya coba koq nga konek² ke pc yg lain yah..
    kalo ada temen² yg punya pengalaman seting mikrotik ke kabelvision dengan modem motorola tolong di sharing kk..

    mohon bantuannya kk makasih banyak..

  10. #10
    Status
    Offline
    cupucekali's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jul 2007
    Posts
    42
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by tajid.yakub Click here to enlarge
    Code:
    yang menjadi pertanyaan wa :
    1. Bagaimana Cara install mikrotik dari nol ?
    Seperti halnya install OS yang lain kok, tinggal next next next selesai, bedanya kalau install M$ bisa 30 menit- 1 jam kalau instal mikrotik cuma 5 menit Click here to enlarge.. konfigurasi sesuai dengan kebetuhan kita nantinya dilakukan setelah OS terinstal

    Code:
    2. Bagaimana langkah2 wa sebelom mikrotik terinstall, apa saja yang harus dipersiapkan ????
    Secara umum, siapkan PC yang ingin diinstall (rekomendasi lebih dari 1 Ethernet Card), pastikan speknya cukup.. spek untuk instalasi mikrotik tidak terlalu tinggi kok, asal ada memori, hdd (storage), dan cpu yang jalan Click here to enlarge.. secara khusus ya nggak ada, dengan asumsi bahwa ini di warnet dan sebelumnya sudah running harusnya sih tidak ada lagi tambahannya...

    Code:
    3. Bagaimana caranya supaya mikrotik bisa bekerja dengan IP dinamic, kaerna persepsi wa (maaf kalo salah) mikrotik identik dengan statik IP
    bisa kok, sisa jalankan /ip dhcp-client , tentukan bahwa interface Public yang kamu punya IP nya di dapet dari DHCP



    Code:
    4. kalo PC routernya sudah up bagaimana ngatur dns dan pembagian IP lokalnya
    masukkan dns dari ispnya (202.155.0.10, 202.155.0.15) di /ip dns setting


    Code:
    5. Dengan opsi 12 Client, bagaimana caranya 10 client di limit bw, tapi yang 2 tidak ???
    tinggal di atur di queuenya saja.. (berdasarkan ip address client), berikut contoh scr shot jika menggunakan simple-queue




    Code:
    6. Dan dimana saya bisa download mikrotik yang full ???
    hehe coba baca-baca di
    buat coba-coba aja dulu.. ntar buat kedepannya beli aja.. murah kok Click here to enlarge

    Informasi tambahan, kalau untuk koneksi berbasiskan jaringan kabel vision, setiap ganti ethernet card (ganti MAC Address) kita harus minta di reset-host ke ispnya ..

    Sebenernya sih lebih enak sikat langsung om, instal dulu baru bingungnya setelah instal Click here to enlarge, gutlak ya kawan Click here to enlargeClick here to enlargeClick here to enlarge
    wah bos tajid dah turun tangan Click here to enlargeClick here to enlargeClick here to enlarge

  11. #11
    Status
    Offline
    fufu's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    45
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by oracle Click here to enlarge
    kk aku udah donlot.. tapi udah aku burn ke CD. tapi koq nga mau di instal ya.. artinya nga bisa boot. jd nga bisa ngebaca setelah di boot ke CD room..

    cara nge burnnya gimana kk. apakah di extract dulu dari file.rar-nya. setelah di extract apa langsung di burn...? itu udah aku coba koq tetap nga mo boot ya.. caranya gimana kk minta penjelasanny.


    thank's
    ada kok tutor cara burn via neroburning nya di kasih tau ama momod


    Wah Guru TajibAyub ikut turun tangan juga nge jawabnya, kalau senior Tajib memberikan masukan dah jelas banget kok cara"nya

    Halo Mas Tajib, ketemu juga di sini Click here to enlarge

  12. #12
    Status
    Offline
    onkologi's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    3
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by ponywaterhouse Click here to enlarge
    di burnnya sebagai iso...
    jangan sebagai data..
    Numpang nanya ya....

    Aq dah burn sebagai iso nih, tapi kok gak ngr-bot sama skali... Click here to enlarge
    Bingung nih.. Apa iso image file beda sama iso doang... Mohon pencerahannya..
    Please reply soon

    Thanx...

  13. #13
    Status
    Offline
    onkologi's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    3
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Apa mesti di ekstrak dulu?????Click here to enlarge
    BIngung deh gue....

    Tolongin dunk....

    Thanks....

  14. #14
    Status
    Offline
    okto_2005's Avatar
    Member Super Senior
    Join Date
    Jul 2007
    Posts
    655
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    g perlu di ekstrak. dobel klik aja iso nya nanti kalo neronya nemuin writer tinggal klik next aja.

  15. #15
    Status
    Offline
    lucubrb's Avatar
    KocokJaya Team
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    localhost - 127.0.0.1
    Posts
    542
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    3
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Arlinet Click here to enlarge
    Kalo pake mikrotik... kamu cukup aktifkan dhcp clientnya.... semoga membantu...


    warnet nya dimana bro...??Click here to enlargeClick here to enlarge
    Di Rawamangun klo ga sala Click here to enlarge

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 220
    Last Post: 28-05-2016, 09:47
  2. <ask> bagaimana cara install mikrotik di Router Board
    By d3v4 in forum Wireless Networking
    Replies: 16
    Last Post: 23-04-2014, 14:59
  3. Install VPN di mikrotik?
    By fandi2000x in forum Beginner Basics
    Replies: 1
    Last Post: 24-07-2007, 11:14

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •