Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Results 1 to 14 of 14
  1. #1
    Status
    Offline
    C@RLo$'s Avatar
    Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    178
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    maap ..nanya lagi (ttg topologi) :p

    temen-temen, suhu-suhu, master-master, mo nanya lagi nih

    topologi network saya :

    modemspeedy-->PCgateway---- >switch ----->klien (ada 5)

    PCgateway juga terhubung ke switch.
    LAN 192.168.0.0 /24

    kenapa ya, kalo mikrotik saya pasang di klien, LAN cardnya nyala, tetapi tidak bisa di-ping dari yang lain, padahal IP-nya , subnet mask nya udah sama dengan klien yang lain .....

    mikrotik saya punya dua LAN card ...tapi IP address baru ether1 saja untuk LAN, apakah harus saya setup IP route juga??

    udah saya coba :
    ip route add dst-address=192.168.0.0 gateway=192.168.0.1
    tetep ga bisa

    apa yang salah ya?



    trus kalo saya mau mengganti PCgateway pake mikrotik, berarti NIC pada sisi tersebut(ether2) harus saya setup sebagai DHCP klien dulu ya? agar dapat alamat dari speedy?

  2. #2
    Status
    Offline
    yosanpro's Avatar
    Co-Admin
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Bantul, Bantul, Yogyakarta
    Posts
    2,548
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    11
    Uploads
    4
    Feedback Score
    1 (100%)
    Itu kok gateway ke 192.168.0.1? bukannya ke IP modem speedy? Coba konfigurasi lengkapnya gimana, dari IP modem, IP Router yang ke modem, IP router yang ke LAN, dan IP client. Kalau IP router yang ke modem satu subnet dengan IP router yang ke LAN, gak bakalan bisa konek internet...

  3. #3
    Status
    Offline
    C@RLo$'s Avatar
    Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    178
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by yosanpro Click here to enlarge
    Itu kok gateway ke 192.168.0.1? bukannya ke IP modem speedy? Coba konfigurasi lengkapnya gimana, dari IP modem, IP Router yang ke modem, IP router yang ke LAN, dan IP client. Kalau IP router yang ke modem satu subnet dengan IP router yang ke LAN, gak bakalan bisa konek internet...
    emang ga niat connect internet dulu mas, itu nanti lagi.... skrg saya cuma mau mikrotik terbaca sebagai klien.... <--- ini aja ga connect Click here to enlarge

  4. #4
    Status
    Offline
    rahwana's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
    Posts
    1,337
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Ini pertanyaan borongan dan bikin ribet kalau dijawab langsung. Karena itu saya jawab pendek2 aja :

    Click here to enlarge Originally Posted by C@RLo$ Click here to enlarge
    topologi network saya :
    modemspeedy-->PCgateway---- >switch ----->klien (ada 5)
    PCgateway juga terhubung ke switch.
    LAN 192.168.0.0 /24

    kenapa ya, kalo mikrotik saya pasang di klien, LAN cardnya nyala, tetapi tidak bisa di-ping dari yang lain, padahal IP-nya , subnet mask nya udah sama dengan klien yang lain .....

    mikrotik saya punya dua LAN card ...tapi IP address baru ether1 saja untuk LAN, apakah harus saya setup IP route juga??

    udah saya coba :
    ip route add dst-address=192.168.0.0 gateway=192.168.0.1
    tetep ga bisa

    apa yang salah ya?

    trus kalo saya mau mengganti PCgateway pake mikrotik, berarti NIC pada sisi tersebut(ether2) harus saya setup sebagai DHCP klien dulu ya? agar dapat alamat dari speedy?
    Pertanyaan 1 :
    kenapa ya, kalo mikrotik saya pasang di klien, LAN cardnya nyala, tetapi tidak bisa di-ping dari yang lain, padahal IP-nya , subnet mask nya udah sama dengan klien yang lain .....

    Ping-nya kemana? IP routernya berapa? Apakah client 1 dan client 2 bisa saling ping?

    Pertanyaan 2:
    mikrotik saya punya dua LAN card ...tapi IP address baru ether1 saja untuk LAN, apakah harus saya setup IP route juga??

    Lho, justru pertanyaannya : apakah diperlukan routing atau tidak? Kalau cuma untuk 1 subnet sih tidak perlu routing sama sekali. Cukup satu kelas dah beres

    Pertanyaan 3 :
    udah saya coba :
    ip route add dst-address=192.168.0.0 gateway=192.168.0.1
    tetep ga bisa. apa yang salah ya?

    Ya pasti salah. Dst-address harusnya 192.168.0.0/24 agar menyatakan kelas C. Tapi kalau melihat gatewaynya juga 1 kelas/subnet, maka ip routing ini tidak perlu. Lihat kembali jawaban saya di atas

    Pertanyaan 4 :
    trus kalo saya mau mengganti PCgateway pake mikrotik, berarti NIC pada sisi tersebut(ether2) harus saya setup sebagai DHCP klien dulu ya? agar dapat alamat dari speedy?

    Tergantung, mau dialnya bagaimana? modem cuma numpang lewat (jadi brigde) atau modemnya langsung melakukan NAT. Tapi overall, baik modem sebagai bridge ataupun sebagai NAT server, maka mikrotik bisa-bisa saja pakai DHCP asal di modem juga diset DHCP servernya.
    Cuma kalau modemnya cuma numpang lewat, maka di ether2 harus dijalankan DHCP clientnya.

    Jawabannya terpaksa pisah2 satu-satu karena saya bingung sebenarnya maunya gimana dengan networknya. Abis pertanyaannya satu sama lain tidak berhubungan.

  5. The Following User Says Thank You to rahwana For This Useful Post:


  6. #5
    Status
    Offline
    Shima's Avatar
    Newbie
    Join Date
    May 2008
    Posts
    68
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Klo konfigurasi dah beres tp tetep ga bisa ngeping, coba ganti lancard nya....

  7. #6
    Status
    Offline
    Akangage's Avatar
    Administrator
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
    Posts
    4,195
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    210
    Uploads
    87
    Feedback Score
    0
    @Om Rahwana
    Ngakak.... Akang Click here to enlarge Masih untung anda paham!! Akang malah g paham maksudnya apa? ga jelas seh!! IP modem brp dan info detail-nya g ada, nah kalo menurut segi psikologis, bro carols belum paham networking (maupun ilmunya) secara tepat guna!!

    Lebih bagus lagi kalo infonya detail jadi bisa di bantu apanya yang salah atau miss, eit eit eit!! Ga salah khan nih ya ak manggil carols dengan bro apa jangan2 "sis" neh? banyak yang "sis" dengan ID mirip "bro" Click here to enlarge

  8. #7
    Status
    Offline
    C@RLo$'s Avatar
    Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    178
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Akangage Click here to enlarge
    @Om Rahwana
    Ngakak.... Akang Click here to enlarge Masih untung anda paham!! Akang malah g paham maksudnya apa? ga jelas seh!! IP modem brp dan info detail-nya g ada, nah kalo menurut segi psikologis, bro carols belum paham networking (maupun ilmunya) secara tepat guna!!

    Lebih bagus lagi kalo infonya detail jadi bisa di bantu apanya yang salah atau miss, eit eit eit!! Ga salah khan nih ya ak manggil carols dengan bro apa jangan2 "sis" neh? banyak yang "sis" dengan ID mirip "bro" Click here to enlarge
    parto mode ON :

    ya maap ... Click here to enlarge

  9. #8
    Status
    Offline
    C@RLo$'s Avatar
    Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    178
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by rahwana Click here to enlarge
    Ini pertanyaan borongan dan bikin ribet kalau dijawab langsung. Karena itu saya jawab pendek2 aja :



    Pertanyaan 1 :
    kenapa ya, kalo mikrotik saya pasang di klien, LAN cardnya nyala, tetapi tidak bisa di-ping dari yang lain, padahal IP-nya , subnet mask nya udah sama dengan klien yang lain .....

    Ping-nya kemana? IP routernya berapa? Apakah client 1 dan client 2 bisa saling ping?
    network saya 192.168.0.0/24

    IP klien 0.2, 0.3, 04, 0.5
    mikrotik (ether1) saya kasih 0.6

    klien udah bisa saling terhubung semua.... cuma si mikrotik yg ga bisa di-ping





    Pertanyaan 2:
    mikrotik saya punya dua LAN card ...tapi IP address baru ether1 saja untuk LAN, apakah harus saya setup IP route juga??

    Lho, justru pertanyaannya : apakah diperlukan routing atau tidak? Kalau cuma untuk 1 subnet sih tidak perlu routing sama sekali. Cukup satu kelas dah beres.

    hehe...iya...mslhna saya baru bgt belajar mikrotik, trus nemu eror, jadinya nyoba semua kemungkinan (trial and error gituh ...)


    Pertanyaan 3 :
    udah saya coba :
    ip route add dst-address=192.168.0.0 gateway=192.168.0.1
    tetep ga bisa. apa yang salah ya?

    Ya pasti salah. Dst-address harusnya 192.168.0.0/24 agar menyatakan kelas C. Tapi kalau melihat gatewaynya juga 1 kelas/subnet, maka ip routing ini tidak perlu. Lihat kembali jawaban saya di atas

    Pertanyaan 4 :
    trus kalo saya mau mengganti PCgateway pake mikrotik, berarti NIC pada sisi tersebut(ether2) harus saya setup sebagai DHCP klien dulu ya? agar dapat alamat dari speedy?

    Tergantung, mau dialnya bagaimana? modem cuma numpang lewat (jadi brigde) atau modemnya langsung melakukan NAT. Tapi overall, baik modem sebagai bridge ataupun sebagai NAT server, maka mikrotik bisa-bisa saja pakai DHCP asal di modem juga diset DHCP servernya.
    Cuma kalau modemnya cuma numpang lewat, maka di ether2 harus dijalankan DHCP clientnya.

    Jawabannya terpaksa pisah2 satu-satu karena saya bingung sebenarnya maunya gimana dengan networknya. Abis pertanyaannya satu sama lain tidak berhubungan.

    maap
    hehe ....saya jawab lagi satu2 ya ...maap

  10. #9
    Status
    Offline
    rahwana's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
    Posts
    1,337
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Kalau gitu, coba ganti lancard yang di mikrotik.
    Rasanya itu masalahnya.
    Atau cek kabel UTP-nya, mungkin perlu dikrimping ulang. Coba test pakai kabel yang benar2 baik dulu juga.

  11. #10
    Status
    Offline
    C@RLo$'s Avatar
    Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    178
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    Jelasnya begini ..

    Topologi Jaringan :

    Click here to enlarge

    setingan PC Gateway. windows 2000

    Internet
    - obtain address automatically
    - obtain DNS server address automatically
    - allow other network users to connect trough this computer's internet connection

    LAN

    manual 192.168.0.1 255.255.255.0

    settingan PC klien

    semuanya sama "obtain an IP address automatically".
    biasanya dapet 0.3 - 0.6


    nah, saya punya mikrotik 2.9.27 ... ether1 dan ether2

    tes pertama, saya cuma mau mikrotik ikut2an jadi klien aja

    misalnya di ether2 saya koneksikan ke switch trus saya kasih IP address

    > ip address add address=192.168.0.100/24 interface=ether2 disabled=no

    seharusnya cukup kan untuk bisa di ping ?

    trus saya coba skenario lain :

    > setup
    > d ( jadiin DHCP client )
    > ether2


    > sukses katanya ...bla bla bla

    tapi pas di ip address print ... kok ga dapet IP ya ?? ...

  12. #11
    Status
    Offline
    C@RLo$'s Avatar
    Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    178
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by rahwana Click here to enlarge
    Kalau gitu, coba ganti lancard yang di mikrotik.
    Rasanya itu masalahnya.
    Atau cek kabel UTP-nya, mungkin perlu dikrimping ulang. Coba test pakai kabel yang benar2 baik dulu juga.
    udah mas .... kabel, LAN card dll udah tokcer, dah dicoba.

  13. #12
    Status
    Offline
    rahwana's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
    Posts
    1,337
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Sekarang saya lebih setuju dan lebih curiga lancard yang dimikrotik tidak dikenali karena kayaknya mikrotiknya bajakan. Versi mikrotik ini sudah cukup ketinggalan sehingga hanya mengenali lancard versi yang lama juga.

  14. #13
    Status
    Offline
    C@RLo$'s Avatar
    Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    178
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by rahwana Click here to enlarge
    Sekarang saya lebih setuju dan lebih curiga lancard yang dimikrotik tidak dikenali karena kayaknya mikrotiknya bajakan. Versi mikrotik ini sudah cukup ketinggalan sehingga hanya mengenali lancard versi yang lama juga.
    hehe ..udah dikenali kok boss " interface print "..kebaca ether1 ether2 .. kan udah bisa dikasih address pula

    pertamanya saya juga udah coba mikrotik 3.15 yg donlodan buat demo satu hari..... cuma ngetes... nanti kita mau buka warnet.... pasti beli yang asli dong .... tapi kalo skrg gagal hehe..mgkin g pake mikrotik

    kalo peer to peer 1 komputer dan mikrotik sih udah bisa....
    tinggal kalo mengikuti topologi yang di gambar saya yang diatas itu yang belum bisa ... hiks

  15. #14
    Status
    Offline
    rahwana's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
    Posts
    1,337
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Gini deh. Dicoba :
    1. Mikrotik bajakan 192.168.0.1/24 connected ke PC 192.168.0.2/24 via cross cable bisa nggak? Kalau bisa lanjutkan langkah 2, tapi kalau tidak bisa lanjutkan langkah 4
    2. Mikrotik bajakan 192.168.0.1/24 connected ke PC 192.168.0.2/24 via swicth bisa nggak? Kalau tidak bisa, coba ganti swicthnya. Tapi kalau bisa, pasang komputer yang lain.
    3. Kalau komputer yang lain tidak bisa, maka kesimpulannya ada kemungkinan kabel2 yang tidak beres, swicth yang tidak beres, atau ip crash
    4. Coba koneksikan komputer 192.168.0.2/24 dengan komputer lain 192.168.0.3/24 via cross cable. Bisa tidak? Kalau bisa, maka lan card mikrotik pasti bermasalah. Tapi kalau ternyata tidak bisa, artinya kabel crossnya yang rusak atau coba cross mikrotik dengan komputer lain.
    Memang harus berani coba2 untuk mengecilkan kemungkinan masalahnya.

 

 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 29
    Last Post: 17-05-2009, 20:14
  2. [Nanya]Lagi... Logika Misahin BW IX dan IIX...
    By geonet_comp in forum General Networking
    Replies: 1
    Last Post: 05-07-2008, 10:24
  3. [Nanya] Mo nanya di mana bingung.. disini aja deh..
    By sidam in forum Beginner Basics
    Replies: 0
    Last Post: 11-05-2008, 01:48
  4. [nanya] topologi Mikrotik + Squid Linux
    By rj-45 in forum General Networking
    Replies: 2
    Last Post: 20-12-2007, 19:57

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •