Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Results 1 to 15 of 15
  1. #1
    Status
    Offline
    grahacyrus's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    11
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    setting ip & gateway bingung

    maaf nih masih baru belajar... saya ada masalah koneksi internet saya tidak konek padahal saya sudah sesuai dengan modul-modul yang saya baca :

    Flags: X - disabled, A - active, D - dynamic,
    C - connect, S - static, r - rip, b - bgp, o - ospf
    # DST-ADDRESS PREF-SRC G GATEWAY DISTANCE INTERFACE
    0 ADC 192.168.0.0/24 192.168.0.15 ether1
    1 ADC 192.168.68.0/24 192.168.68.1 ether2
    2 A S 0.0.0.0/0 r 192.168.0.1 1 ether1


    ada yang salah nggak dengan setting diatas?
    soalnya saya ping ke google ga keluar yang keluar malah :
    invalid value for argument address

    apa yg kurang dengan setting awal ini..
    terima kasih

  2. #2
    Status
    Offline
    yosanpro's Avatar
    Co-Admin
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Bantul, Bantul, Yogyakarta
    Posts
    2,548
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    11
    Uploads
    4
    Feedback Score
    1 (100%)
    Sudahkah NAT disetting? DNS?

  3. #3
    Status
    Offline
    hifun's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Dec 2007
    Posts
    9
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by grahacyrus Click here to enlarge
    maaf nih masih baru belajar... saya ada masalah koneksi internet saya tidak konek padahal saya sudah sesuai dengan modul-modul yang saya baca :

    Flags: X - disabled, A - active, D - dynamic,
    C - connect, S - static, r - rip, b - bgp, o - ospf
    # DST-ADDRESS PREF-SRC G GATEWAY DISTANCE INTERFACE
    0 ADC 192.168.0.0/24 192.168.0.15 ether1
    1 ADC 192.168.68.0/24 192.168.68.1 ether2
    2 A S 0.0.0.0/0 r 192.168.0.1 1 ether1


    ada yang salah nggak dengan setting diatas?
    soalnya saya ping ke google ga keluar yang keluar malah :
    invalid value for argument address

    apa yg kurang dengan setting awal ini..
    terima kasih

    coba deh di cek seperti yg bro yosanpro bilang
    DNS atau NATnya mungkin belum
    dan kalau blum konek juga mohon lebih jelas infonya Click here to enlarge
    ip>firewall>nat
    ip>routes
    ip>dns
    ip>address

  4. #4
    Status
    Offline
    felix_sg's Avatar
    Member Super Senior
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    indonesia
    Posts
    607
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by grahacyrus Click here to enlarge
    maaf nih masih baru belajar... saya ada masalah koneksi internet saya tidak konek padahal saya sudah sesuai dengan modul-modul yang saya baca :

    Flags: X - disabled, A - active, D - dynamic,
    C - connect, S - static, r - rip, b - bgp, o - ospf
    # DST-ADDRESS PREF-SRC G GATEWAY DISTANCE INTERFACE
    0 ADC 192.168.0.0/24 192.168.0.15 ether1
    1 ADC 192.168.68.0/24 192.168.68.1 ether2
    2 A S 0.0.0.0/0 r 192.168.0.1 1 ether1


    ada yang salah nggak dengan setting diatas?
    soalnya saya ping ke google ga keluar yang keluar malah :
    invalid value for argument address


    apa yg kurang dengan setting awal ini..
    terima kasih
    kok kayaknya ndak nyambung ya di ether 1..

    setting utk ether 1 adalah 192.168.0.0/24, tapi mau dijadiin gatewaynya 192.168.0.1, bukannya gateway menjadi 192.168.0.0 ??
    atau boleh mending ether 1 coba di ganti menjadi 192.168.0.254/24 terus gateway menjadi 192.168.0.254. setelah itu di nat pake src-add.

    di coba aja. Click here to enlarge

  5. #5
    Status
    Offline
    grahacyrus's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    11
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    lanjutan...

    Flags: X - disabled, A - active, D - dynamic,
    C - connect, S - static, r - rip, b - bgp, o - ospf
    # DST-ADDRESS PREF-SRC G GATEWAY DISTANCE INTERFACE
    0 ADC 192.168.0.0/24 192.168.0.15 ether1
    1 ADC 192.168.68.0/24 192.168.68.1 ether2
    2 A S 0.0.0.0/0 r 192.168.0.1 1 ether1

    ada yang salah nggak dengan setting diatas?
    soalnya saya ping ke google ga keluar yang keluar malah :
    invalid value for argument address


    melanjutkan hal diatas saya beri penjelasan lebih lanjut:

    saya sudah pake cara diats sesuai anjuran tapi tetep saja tidak bisa konek ke internet,
    ip ether1 192.168.0.1 ---> merupakan ip internet dari server kantor saya
    ip ether2 192.168.68.1 ---> merupakan ip local yang akan saya buat untuk hotspot.

    saya juga sudah menggunakan firewall dengan menggunakan perintah :
    ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=ether1
    semua setting yang lain seperti untuk hotspot sudah siap hanya saja tidak bisa konek ke internet.

    mohon petunjuk lebih lanjutnya.
    terima kasih

  6. #6
    Status
    Offline
    felix_sg's Avatar
    Member Super Senior
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    indonesia
    Posts
    607
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by grahacyrus Click here to enlarge
    Flags: X - disabled, A - active, D - dynamic,
    C - connect, S - static, r - rip, b - bgp, o - ospf
    # DST-ADDRESS PREF-SRC G GATEWAY DISTANCE INTERFACE
    0 ADC 192.168.0.0/24 192.168.0.15 ether1
    1 ADC 192.168.68.0/24 192.168.68.1 ether2
    2 A S 0.0.0.0/0 r 192.168.0.1 1 ether1

    ada yang salah nggak dengan setting diatas?
    soalnya saya ping ke google ga keluar yang keluar malah :
    invalid value for argument address


    melanjutkan hal diatas saya beri penjelasan lebih lanjut:

    saya sudah pake cara diats sesuai anjuran tapi tetep saja tidak bisa konek ke internet,
    ip ether1 192.168.0.1 ---> merupakan ip internet dari server kantor saya
    ip ether2 192.168.68.1 ---> merupakan ip local yang akan saya buat untuk hotspot.

    saya juga sudah menggunakan firewall dengan menggunakan perintah :
    ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=ether1
    semua setting yang lain seperti untuk hotspot sudah siap hanya saja tidak bisa konek ke internet.

    mohon petunjuk lebih lanjutnya.
    terima kasih
    kalo begitu ip address ether 1 anda seharusnya 192.168.0.1/24. bukan 192.168.0.0/24. sesuai ip yang diberikan kepada anda oleh isp anda.

    mengenai gateway, coba anda cek. saya rasa bukan 192.168.0.1. karena itu adalah ip anda. cek lagi sama isp nya gatewaynya berapa.

  7. #7
    Status
    Offline
    desukajo's Avatar
    Member
    Join Date
    Jul 2007
    Posts
    124
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    1
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    bener yang di katakan mas felix coba mas cek dulu ip dari isp mas brp??
    ip address, subnet,gateway dan cek ke isp anda apakah ip anda sudah di aktifkan..
    kalo mau seh coba aja copas konfigurasi mikrotik mas di sini biar rekan2 yang lain bisa menganalisanya..

    semangat...Click here to enlarge

  8. #8
    Status
    Offline
    grahacyrus's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    11
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    lanjutan 3

    settingan yang terdahulu sudah saya reset ...
    untuk sementara konfigurasi yang sekarang :

    # DST-ADDRESS PREF-SRC G GATEWAY DISTANCE INTERFACE
    0 ADC 192.168.0.0/24 192.168.0.15 ether1
    1 ADC 192.168.68.0/24 192.168.68.1 ether2
    2 A S 0.0.0.0/0 r 192.168.0.1 ether1


    firewall

    Flags: X - disabled, I - invalid, D - dynamic
    0 chain=srcnat out-interface=ether1 action=masquerade


    untuk sementara saya menset seperti diatas dulu, saya ingin agar saya bisa ping ke koneksi internet saja dulu.

    ip :192.168.0.1 itu ip gateway server kantor, untuk ip dimikrotik saya set baru 192.168.0.15----> ETHER1

    apakah juga butuh dns ip public juga? walaupun saya sudah tidak lagi berhadapan langsung dengan koneksi isp. sebab koneksi yang saya dapatkan ini berasal dari server yang sudah terkonfigurasi juga sehingga tidak dapat terkoneksi lagsung dengan ip public (karena saya tidak tahu ip public kantor saya)

    ip : 192.168.68.1 ---> itu ip yangsaya buat untuk ETHER2 untuk lokal dari mikrotiknya.

    maaf klo merepotkan terus, saya mohon penjelasan lebih lanjut .semisal ada data yang kurang akan saya lampirkan lagi. untuk sementara setelah mikrotik saya reset lagi saya hanya menset sampai seperti diatas dulu karena ping keluar (google, yahoo) belum bisa.

    terima kasih

  9. #9
    Status
    Offline
    felix_sg's Avatar
    Member Super Senior
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    indonesia
    Posts
    607
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by grahacyrus Click here to enlarge
    settingan yang terdahulu sudah saya reset ...
    untuk sementara konfigurasi yang sekarang :

    # DST-ADDRESS PREF-SRC G GATEWAY DISTANCE INTERFACE
    0 ADC 192.168.0.0/24 192.168.0.15 ether1
    1 ADC 192.168.68.0/24 192.168.68.1 ether2
    2 A S 0.0.0.0/0 r 192.168.0.1 ether1


    firewall

    Flags: X - disabled, I - invalid, D - dynamic
    0 chain=srcnat out-interface=ether1 action=masquerade


    untuk sementara saya menset seperti diatas dulu, saya ingin agar saya bisa ping ke koneksi internet saja dulu.

    ip :192.168.0.1 itu ip gateway server kantor, untuk ip dimikrotik saya set baru 192.168.0.15----> ETHER1

    apakah juga butuh dns ip public juga? walaupun saya sudah tidak lagi berhadapan langsung dengan koneksi isp. sebab koneksi yang saya dapatkan ini berasal dari server yang sudah terkonfigurasi juga sehingga tidak dapat terkoneksi lagsung dengan ip public (karena saya tidak tahu ip public kantor saya)

    ip : 192.168.68.1 ---> itu ip yangsaya buat untuk ETHER2 untuk lokal dari mikrotiknya.

    maaf klo merepotkan terus, saya mohon penjelasan lebih lanjut .semisal ada data yang kurang akan saya lampirkan lagi. untuk sementara setelah mikrotik saya reset lagi saya hanya menset sampai seperti diatas dulu karena ping keluar (google, yahoo) belum bisa.

    terima kasih
    ping gateway bisa ndak??

    kalo saya baca dari ket mas kok aneh. ip di kasi 192.168.0.0/24 tapi yang keluar kok 192.168.0.15??? seharusnya yang keluar itu network 192.168.0.0, gateway 192.168.0.254 interface ether 1.

    sebelum kami2 di forum bisa bantu lebih jauh, mas model jaringannya gimana??. baiknya mas buat topologi dulu jaringan yang di kantor mas, post di sini. dan sekalian settingan mikrotik barunya. biar enak buat mahaminya Click here to enlarge
    Last edited by felix_sg; 13-08-2008 at 11:27. Reason: edit dikit

  10. #10
    Status
    Offline
    lini's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Karawaci
    Posts
    1,961
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    2 (100%)
    yang aneh kalo memang buat keperluan kantor masak iya susah cari tau ip publiknya kantor punya Click here to enlarge

    kalo gateway anda support dns lookup yah masukin aja ip gateway sebagai dns anda...kalo gak yah tinggal tanya dns milik isp.

    sebaiknya digambar saja diagram network anda Click here to enlarge

  11. #11
    Status
    Offline
    grahacyrus's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    11
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    lanjutan.......

    wah terbalik mas ....

    saya set seperti biasa, ketika baru direset kan menentukan interface dulu...

    untuk eth1---sya ketik ether1 dengan ip :192.168.0.15
    untuk eth2---saya ketik ether2 dengan ip : 192.168.68.1

    kemudian baru saya set gateway : 192.168.0.1

    saya sudah ping ke 192.168.0.1
    hasilnya:
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    192.168.0.1 64 byte ping: ttl=64 time<1 ms
    16 packets transmitted, 16 packets received, 0% packet loss



    untuk topologi jaringanya,
    saya tarik kabel dari server ke mikrotik melalui switch,koneksi internet yang lain dengan switch itu smua normal.hanya yg di mikrotik saja yang tidak mau diping ke internet.

    ini saya coba mau tambahkan lan card baru ke mikrotiknya.

    mohon penjelasan nya lagi ...
    terima kasih..

  12. #12
    Status
    Offline
    felix_sg's Avatar
    Member Super Senior
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    indonesia
    Posts
    607
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    udah bisa ping ke server, berarti udah bagus.

    mungkin masalahnya sekarang ada pada dns nya. dan apa sudah di src nat.

  13. #13
    Status
    Offline
    grahacyrus's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    11
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    lagiiii..

    akhirnya setelah di reset setting ,akhirnya masalah sudah beres dan bisa terkoneksi ke internet..

    tpi masalah baru muncul lagi....
    koneksi tidak stabil...
    ketika user sudah mendaftar hotspot , selama browsing internet lancar,
    tpi ketika user dalam kondisi idle (tidak melakukan apa-apa), kemudian hendak browsing lagi, masalah muncul, pada browser muncul error: 504 gateway timeout

    mohon solusinya lagi... thx

  14. #14
    Status
    Offline
    felix_sg's Avatar
    Member Super Senior
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    indonesia
    Posts
    607
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0


    lengkap di situ bos.. tingga di modif sesuai keinginan masing2

  15. #15
    Status
    Offline
    aris mdr's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    gan ane newbi ... thanks infonya ... anne mau meluncur ke page yang di saranin sama yang ats ane,,,, eee gak bisa .... tp nice info deh gan ....... Click here to enlarge

 

 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Help bingung bagi bandwidth
    By awarmanf in forum General Networking
    Replies: 0
    Last Post: 14-04-2008, 19:02
  2. bingung ngereset rb411
    By rslant in forum General Networking
    Replies: 3
    Last Post: 20-03-2008, 22:45
  3. bingung sent receive
    By elbi in forum Beginner Basics
    Replies: 3
    Last Post: 11-01-2008, 12:58
  4. [ask] masi bingung nih
    By sone in forum Beginner Basics
    Replies: 2
    Last Post: 05-09-2007, 10:09
  5. [HELP] Bingung ama settingan Mk dg speedy
    By tecumseh in forum Beginner Basics
    Replies: 5
    Last Post: 01-08-2007, 13:21

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •