Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 23
  1. #1
    Status
    Offline
    YU5R1L's Avatar
    Member
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    152
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    MOhon bantuan Pembuatan RT-RWnet

    Mohon kiranya master disini bisa memberikan masukan kepada sy Buat membangun jaringan rt-rw net, terus terang saya sngat awan dalam masalah ini baik dalam seting atau pun segala sesuatu mengenai Mikrotik,
    Namun keinginan sy yg membuat sy ingin sekali membuka jaringan rt-rw net ini. Kebetulan sy sdh mempunyai perangkat pendukung yaitu :
    1. antena sectoral 19db 90 drjat 4bh, 2bh sectoral 180 derajat
    2. radio mikrotik RBxxx
    3. radio ARG 1000wat
    4. antena Omni 15dbi & 12dbi

    Mohaon kiranya bantuan teman2 dan master2 smau bisa memberikan masukan kira2 bagaimana sy mengimplementasilkan peralatan saya buat menjalan kan bisnis rt-rw net, system dan juga perangkat apa lagi yang sy harus sediakan selain perangkat diatas, semua masukan adalah sangat bermanfaat buat sy dan sy snagat senang sekali bila bisa di kirimkan email buat membantu sy di= yus.htfc@gmail.com
    Sebelum sesudahnya sy ucapkan trimakasih banyak

  2. #2
    Status
    Offline
    clovanzo's Avatar
    Member Senior
    Join Date
    Sep 2007
    Posts
    408
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Hehe,
    Kalo minta bantuannya via japri ke email artinya minta dikirimkan proposal kerjasama as konsultan atau bagaimana nih kang yusril?

  3. #3
    Status
    Offline
    karaeng's Avatar
    VIP Member
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    958
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by clovanzo Click here to enlarge
    Hehe,
    Kalo minta bantuannya via japri ke email artinya minta dikirimkan proposal kerjasama as konsultan atau bagaimana nih kang yusril?
    Click here to enlarge

  4. #4
    Status
    Offline
    xeon's Avatar
    Verified Account - Partner
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    DKI Jakarta
    Posts
    1,539
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    3
    Uploads
    0
    Feedback Score
    2 (100%)
    Tipe RBnya RB berapa om? Justru itu yang agak menentukan, antenna apa yang akan digunakan.

  5. #5
    Status
    Offline
    YU5R1L's Avatar
    Member
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    152
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by xeon Click here to enlarge
    Tipe RBnya RB berapa om? Justru itu yang agak menentukan, antenna apa yang akan digunakan.
    RB800 gan sekiranya ada yg sudi membantu Mau kerjasama juga boleh asal cocok Click here to enlargeClick here to enlarge

    Kalo antena kan sudah di sebutkan diatas...bos??

  6. #6
    Status
    Offline
    xeon's Avatar
    Verified Account - Partner
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    DKI Jakarta
    Posts
    1,539
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    3
    Uploads
    0
    Feedback Score
    2 (100%)
    Kalau begitu, menurut saya yang digunakan :

    1. antena sectoral 19db 90 drjat 4bh
    2. radio mikrotik RB800

  7. The Following 2 Users Say Thank You to xeon For This Useful Post:


  8. #7
    Status
    Offline
    rahwana's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
    Posts
    1,337
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by YU5R1L Click here to enlarge
    Mohon kiranya master disini bisa memberikan masukan kepada sy Buat membangun jaringan rt-rw net, terus terang saya sngat awan dalam masalah ini baik dalam seting atau pun segala sesuatu mengenai Mikrotik,
    Namun keinginan sy yg membuat sy ingin sekali membuka jaringan rt-rw net ini. Kebetulan sy sdh mempunyai perangkat pendukung yaitu :
    1. antena sectoral 19db 90 drjat 4bh, 2bh sectoral 180 derajat
    2. radio mikrotik RBxxx
    3. radio ARG 1000wat
    4. antena Omni 15dbi & 12dbi

    Mohaon kiranya bantuan teman2 dan master2 smau bisa memberikan masukan kira2 bagaimana sy mengimplementasilkan peralatan saya buat menjalan kan bisnis rt-rw net, system dan juga perangkat apa lagi yang sy harus sediakan selain perangkat diatas, semua masukan adalah sangat bermanfaat buat sy dan sy snagat senang sekali bila bisa di kirimkan email buat membantu sy di= yus.htfc@gmail.com
    Sebelum sesudahnya sy ucapkan trimakasih banyak
    Perangkatnya sudah sangat lengkap, bahkan antenanya menurut saya berlebihan jumlahnya.
    4 sectoral 90 derajat sudah mengcover 360 derajat. Artinya BTS utama sudah bisa mengcover wilayah secara melingkar. Trus logikanya Panel Sektoral 180 derajat ada 2 unit juga untuk mengcover melingkar, untuk siapa lagi? BTS kedua? Demikian juga dengan omni, itu juga bisa untuk mengcover melingkar, BTS yang mana lagi? BTS ketiga?

    Nah, jumlah BTS ini bergantung pada jumlah radio yang tersedia yaitu Radio ARG atau RBxxx yang tersedia. Setuju dengan Oom Xeon, kita perlu tahu RBxxx itu tipenya apa dan kelengkapannya apa aja, jadi bisa dikira2 dulu 'disuruh' beli barang2 'over' kayak gini ini buat apa dan kira2 gimana rencananya. Ada terlalu banyak kemungkinan model network yang bisa terjadi.

  9. The Following User Says Thank You to rahwana For This Useful Post:


  10. #8
    Status
    Offline
    YU5R1L's Avatar
    Member
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    152
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by rahwana Click here to enlarge
    Perangkatnya sudah sangat lengkap, bahkan antenanya menurut saya berlebihan jumlahnya.
    4 sectoral 90 derajat sudah mengcover 360 derajat. Artinya BTS utama sudah bisa mengcover wilayah secara melingkar. Trus logikanya Panel Sektoral 180 derajat ada 2 unit juga untuk mengcover melingkar, untuk siapa lagi? BTS kedua? Demikian juga dengan omni, itu juga bisa untuk mengcover melingkar, BTS yang mana lagi? BTS ketiga?

    Nah, jumlah BTS ini bergantung pada jumlah radio yang tersedia yaitu Radio ARG atau RBxxx yang tersedia. Setuju dengan Oom Xeon, kita perlu tahu RBxxx itu tipenya apa dan kelengkapannya apa aja, jadi bisa dikira2 dulu 'disuruh' beli barang2 'over' kayak gini ini buat apa dan kira2 gimana rencananya. Ada terlalu banyak kemungkinan model network yang bisa terjadi.
    Nah itu lah yg aku pusing Master....
    alat sdh terlanjur beli smua dan skarng bagus nya kira model network seperti apa yg harus sy bangun dgn perangkat diatas sy sngat berharap semua bisa membantu sy...trims Click here to enlargeClick here to enlarge

    dan perangkat apalagi kira2 yg sy harusediakan selain perangkat tersebut???

  11. #9
    Status
    Offline
    ed13's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    40
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Gan klo sektoralnya kelebiha ane mau bayarin, kebetulan ane jg lagi cari perangkat itu,,,,, lokasi dmn gan, ane di depok pm ane gan, siapa tau kita bisa kerjasama klo satu wilayah..thxx

  12. The Following User Says Thank You to ed13 For This Useful Post:


  13. #10
    Status
    Offline
    rahwana's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia, Indonesia
    Posts
    1,337
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by YU5R1L Click here to enlarge
    Nah itu lah yg aku pusing Master....
    alat sdh terlanjur beli smua dan skarng bagus nya kira model network seperti apa yg harus sy bangun dgn perangkat diatas sy sngat berharap semua bisa membantu sy...trims Click here to enlargeClick here to enlarge

    dan perangkat apalagi kira2 yg sy harusediakan selain perangkat tersebut???
    Sebenarnya bergantung pada kondisi juga. Tapi saya pikir kalau baru mulai merintis, yang dibutuhkan cuma 1 omni dan 1 radio. Radio ini saya prefer pakai RBxxx yang dituliskan. Cuma terus terang saya nggak pasti juga RB ini seri berapa dan apa cukup layak untuk AP. Sementara barang yang lain bisa nganggur dulu deh... nunggu perkembangan usaha.

  14. The Following User Says Thank You to rahwana For This Useful Post:


  15. #11
    Status
    Offline
    mahaadit's Avatar
    VIP Member
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    706
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    jadi intinya lihat situasi dulu gitu ya gan

    jdi istilahnya klo manusia lahir pakai tengkurap dulu baru bisa lari..
    melalui proses dan pengalaman gitu kah??

    Click here to enlarge

  16. The Following User Says Thank You to mahaadit For This Useful Post:


  17. #12
    Status
    Offline
    oktama's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jayapura
    Posts
    1,929
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    sebenarnya masih ada 1 unsur terpenting yang kelupaan tuh buat RT-RW/net, yaitu mesin proxy buat mendongkrak kecepatan user pada saat browsing, download dilimit sih ngga masalah yg penting brosing tetap lancar Click here to enlarge

    Saran saya juga sama dengan om rahwana gunakan 4 sectoral array 19dBi 90 derajat, RBxxx (karena ini adalah point terpenting) kl RB800 sy rasa sudah cukup mumpuni, tinggal tambahin storage ajah buat nyimpen data radius (seandainya market target cukup besar), dan penambahan proxy tentunya Click here to enlarge

    CMIIW

  18. The Following User Says Thank You to oktama For This Useful Post:


  19. #13
    Status
    Offline
    spymedan's Avatar
    Moderator
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Medan Metropolitan
    Posts
    2,821
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by xeon Click here to enlarge
    Kalau begitu, menurut saya yang digunakan :

    1. antena sectoral 19db 90 drjat 4bh
    2. radio mikrotik RB800
    Menurut pengalaman om xeon antena sectoral yang baik itu Homebrow atau Pabrikan ?? Click here to enlarge

    Kalo untuk sekala kecil2an dulu untuk memperkenalkan anda sich menurut saya pakai Antena Omni + RB411U/BulletM2HP dulu... Baru setelah berkembang pesat ganti pakai antena sectoral dengan RB800 juga boleh... Antena omni nya bisa dipasang di BTS Repeater di tempet lain..
    Last edited by spymedan; 01-08-2010 at 16:18.

  20. The Following User Says Thank You to spymedan For This Useful Post:


  21. #14
    Status
    Offline
    YU5R1L's Avatar
    Member
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    152
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by ed13 Click here to enlarge
    Gan klo sektoralnya kelebiha ane mau bayarin, kebetulan ane jg lagi cari perangkat itu,,,,, lokasi dmn gan, ane di depok pm ane gan, siapa tau kita bisa kerjasama klo satu wilayah..thxx
    Click here to enlarge Originally Posted by rahwana Click here to enlarge
    Sebenarnya bergantung pada kondisi juga. Tapi saya pikir kalau baru mulai merintis, yang dibutuhkan cuma 1 omni dan 1 radio. Radio ini saya prefer pakai RBxxx yang dituliskan. Cuma terus terang saya nggak pasti juga RB ini seri berapa dan apa cukup layak untuk AP. Sementara barang yang lain bisa nganggur dulu deh... nunggu perkembangan usaha.
    Click here to enlarge Originally Posted by mahaadit Click here to enlarge
    jadi intinya lihat situasi dulu gitu ya gan

    jdi istilahnya klo manusia lahir pakai tengkurap dulu baru bisa lari..
    melalui proses dan pengalaman gitu kah??

    Click here to enlarge
    Click here to enlarge Originally Posted by oktama Click here to enlarge
    sebenarnya masih ada 1 unsur terpenting yang kelupaan tuh buat RT-RW/net, yaitu mesin proxy buat mendongkrak kecepatan user pada saat browsing, download dilimit sih ngga masalah yg penting brosing tetap lancar Click here to enlarge

    Saran saya juga sama dengan om rahwana gunakan 4 sectoral array 19dBi 90 derajat, RBxxx (karena ini adalah point terpenting) kl RB800 sy rasa sudah cukup mumpuni, tinggal tambahin storage ajah buat nyimpen data radius (seandainya market target cukup besar), dan penambahan proxy tentunya Click here to enlarge

    CMIIW
    Click here to enlarge Originally Posted by spymedan Click here to enlarge
    Menurut pengalaman om xeon antena sectoral yang baik itu Homebrow atau Pabrikan ?? Click here to enlarge

    Kalo untuk sekala kecil2an dulu untuk memperkenalkan anda sich menurut saya pakai Antena Omni + RB411U/BulletM2HP dulu... Baru setelah berkembang pesat ganti pakai antena sectoral dengan RB800 juga boleh... Antena omni nya bisa dipasang di BTS Repeater di tempet lain..
    All thk atas masukan nya tapi disini sy mau mencari solusi gimana sy bisa mengunakan semua perangkat sy tersebut agar bisa berfungsi smua, dan sy sdh siap tower 2buah setinggi 25m, mohon kiranya dibantu apapun bentuknya sy ucapkan terima kasih Click here to enlargeClick here to enlargeClick here to enlarge

  22. #15
    Status
    Offline
    karaeng's Avatar
    VIP Member
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    958
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by YU5R1L Click here to enlarge
    All thk atas masukan nya tapi disini sy mau mencari solusi gimana sy bisa mengunakan semua perangkat sy tersebut agar bisa berfungsi smua, dan sy sdh siap tower 2buah setinggi 25m, mohon kiranya dibantu apapun bentuknya sy ucapkan terima kasih Click here to enlargeClick here to enlargeClick here to enlarge
    antenanya terlalu banyak om, nga sbanding dgn jumlah Radio....
    jadi pasang aja di sisi AP Utama yg betul2 mantap, intinya mencover 360 drjat..

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 2 users browsing this thread. (0 members and 2 guests)

Similar Threads

  1. Mohon Bantuan Nya
    By unyil_asjhrc in forum Wireless Networking
    Replies: 6
    Last Post: 31-12-2009, 11:10
  2. Mohon Bantuan
    By labosanet in forum Beginner Basics
    Replies: 0
    Last Post: 26-12-2009, 22:39
  3. Mohon Bantuan
    By labosanet in forum Beginner Basics
    Replies: 0
    Last Post: 23-12-2009, 20:04
  4. Mohon Bantuan
    By rezaferd in forum General Networking
    Replies: 4
    Last Post: 21-11-2007, 17:01

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •