Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 15 of 22
  1. #1
    Status
    Offline
    Montana's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    46
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    Tanya Setting Mikrotik+Linksys WRT160NL

    assamualaikum..
    newbie mau tanya nih ama master2 mikrotik bis pusing banget ga ngerti2 buat nyetingnya Click here to enlarge
    jadi gini ane baru beli RB750G, Linksys WRT160NL+Antena Omni Hyperlink, Switch DLINK 8 Port, dan Koneksi speedoL 384

    yang mau ane tanyain ?
    1. urutannya dari modem kemana hinggal akhir sedangkan LAN di Mobo cuma ada 1
    2. ane mau mikrotik RB750G ini sebagai server jadi klo PC utama mati semua client masih bisa browsing
    3. gimana kasih IP ke semua client
    4. gimana cara ngasih bandwith yang rata pada 4 user sedangkan koneksi speedy cuma 384/KBps

    cukup itu pertanyaan dari newbie mudah2an semua master2 mikrotik dapet bantuin ane Click here to enlarge

    wassalam

  2. #2
    Status
    Offline
    putra_maiwa's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Sep 2009
    Posts
    1,298
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Montana Click here to enlarge
    assamualaikum..
    newbie mau tanya nih ama master2 mikrotik bis pusing banget ga ngerti2 buat nyetingnya Click here to enlarge
    jadi gini ane baru beli RB750G, Linksys WRT160NL+Antena Omni Hyperlink, Switch DLINK 8 Port, dan Koneksi speedoL 384

    yang mau ane tanyain ?
    1. urutannya dari modem kemana hinggal akhir sedangkan LAN di Mobo cuma ada 1
    2. ane mau mikrotik RB750G ini sebagai server jadi klo PC utama mati semua client masih bisa browsing
    3. gimana kasih IP ke semua client
    4. gimana cara ngasih bandwith yang rata pada 4 user sedangkan koneksi speedy cuma 384/KBps

    cukup itu pertanyaan dari newbie mudah2an semua master2 mikrotik dapet bantuin ane Click here to enlarge

    wassalam
    topologinya gini saja:

    Code:
    speedy>>modem>>>RB750G>>hub/swith>>>client+Pc utama
                      |
                      |
                   hotspot   
                      |
              Linksys WRT160NL
           Antena Omni Hyperlink
    port0 = Wan
    port1 = LAN
    port2 = Hotspot

    untuk client dari hotspot menggunakan DHCP jadi otomatis sj, klo LAN d static
    atau DHCP juga boleh, asal semua interface beda blok

    untuk bandwith limit bisa di search saja, banyak yg bahas d FMI ini...Click here to enlarge


    oh ya pada Linksys nya pake mode AP_bridge, jadi loss aja ngabil IP nya dari
    atas (RB750G), tinggal set SSID dan channel sj

  3. The Following User Says Thank You to putra_maiwa For This Useful Post:


  4. #3
    Status
    Offline
    Montana's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    46
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    brrti dari speedy ke mikrotik di port 1
    port 2 mikrotik ke switch/hub
    port 3 mikrotik ke linksys

    and port 2 switch ke pc dan sisa port switchnya ke client ya laen ?

    nah klo yang dimaksud dengan
    port0 = Wan
    port1 = LAN
    port2 = Hotspot
    itu gimana bro ane kurang faham ?

    terus klo dari hotspot menggunakan DHCP itu setting dimananya ?
    apa masuk ke menu linksys dulu atau gimana ?

    maksih banget ya bro ane bener2 newbie banget nih Click here to enlarge

  5. #4
    Status
    Offline
    putra_maiwa's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Sep 2009
    Posts
    1,298
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Montana Click here to enlarge
    brrti dari speedy ke mikrotik di port 1
    port 2 mikrotik ke switch/hub
    port 3 mikrotik ke linksys

    and port 2 switch ke pc dan sisa port switchnya ke client ya laen ?

    nah klo yang dimaksud dengan
    port0 = Wan
    port1 = LAN
    port2 = Hotspot
    itu gimana bro ane kurang faham ?

    terus klo dari hotspot menggunakan DHCP itu setting dimananya ?
    apa masuk ke menu linksys dulu atau gimana ?

    maksih banget ya bro ane bener2 newbie banget nih Click here to enlarge

    WAN= ke speedy
    LAN= ke client
    hotspot = ke AP

    Click here to enlarge

    klo DHCP mikrotik otomatis bila hotspot sudah di buat, jadi bila hotspot ready
    ga perlu set DHCP lagi...

  6. #5
    Status
    Offline
    Montana's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    46
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    nah terus klo buat nyeting ip buat masing2 client gmana bro ?
    misalnya ip mikrotik kan 192.168.88.1 and ip linksys router 192.168.2.1

    jadi buat client ngikut ya mana bro ?

  7. #6
    Status
    Offline
    ahmad210993's Avatar
    Member Senior
    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Semarang - www.dyasrtrw.net
    Posts
    440
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    buka winbox, trus buka ip>address add address=192.168.xx.xx interface=hotspot

    kemudian remove 192.168.88.1

  8. #7
    Status
    Offline
    putra_maiwa's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Sep 2009
    Posts
    1,298
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Montana Click here to enlarge
    nah terus klo buat nyeting ip buat masing2 client gmana bro ?
    misalnya ip mikrotik kan 192.168.88.1 and ip linksys router 192.168.2.1

    jadi buat client ngikut ya mana bro ?
    di sesuaikan port RB yg ada..kan ada 5 port tuc RB750G

    misal..

    port RB 1 = dari WAN atau modem (misal IP modem 192.168.10.1) jadi port ini IP nya
    192.168.10.2, maka pada /ip addresses 192.168.10.2/24 interface=WAN

    port RB 2 = LAN/Local /ip addresses 192.168.20.1/24 interface=LAN
    jalur ini akan di sambungkan ke swith/hub yg akan di luruskan ke client2..
    jadi di setiap client ip nya 192.168.20.2 sampai 192.168.20.255, ip defaul gateway
    di client 192.168.20.1

    port RB 3 = Hotspot. sebelum di buat rule hotspotnya buatkan dulu ip nya
    /ip addresses 19.19.19.1/24 interface=hotspot. jika sdh sekarang set hotspot
    (untuk cara set hotspot bisa di cari sendiri, sy anggap kamu sdh bisa buat)
    bila hotspot sdh di buat DHCP akan otomatis terset (bawaan dari hotspotnya)
    jalur ini akan di sambungkan ke AP (Linksys WRT160NL) nanti client akan mendapatkan
    ip secara otomatis..

    port RB 4 = kosong
    port RB 5 = kosong

    ingat!! sebelum set mikrotik tandai dulu nama interface untuk masing-masing port
    agar lebih mudah di kenal yg mana port1, 2, 3, dst..

    untuk IP linksys routernya sembarang saja (asal jgn sama IP hotspot) trus set seperti yg sy bilang di atas..
    nanti client akan mendapatkan IP dari mikrotik (19.19.19.1) bukan IP linksys, karena linksys di set sebagai access point
    bukan router... routernya ya RB750G itu

    Click here to enlarge
    Last edited by putra_maiwa; 17-06-2010 at 17:37.

  9. #8
    Status
    Offline
    Montana's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    46
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    misalnya kita udah setting IP di mikrotik bro sesuai dengan bro jelasin. nah sedangkan bisa ping ke gateway+dns isp PC utama dimasukin IP berapa ?

  10. #9
    Status
    Offline
    masdidit57's Avatar
    Member
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Papua
    Posts
    139
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Baca dulu di tutorial bro... Biar gak nggemesin...Click here to enlarge

  11. #10
    Status
    Offline
    putra_maiwa's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Sep 2009
    Posts
    1,298
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Montana Click here to enlarge
    misalnya kita udah setting IP di mikrotik bro sesuai dengan bro jelasin. nah sedangkan bisa ping ke gateway+dns isp PC utama dimasukin IP berapa ?
    bisa pake gateway ip mikrotiknya..

    sedang dnsnya, dns ISP yg d pake atau juga ip gateway mikrotik/RB750g

  12. #11
    Status
    Offline
    Montana's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    46
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by putra_maiwa Click here to enlarge
    bisa pake gateway ip mikrotiknya..

    sedang dnsnya, dns ISP yg d pake atau juga ip gateway mikrotik/RB750g
    bro ane minta setting hotspot nya gimana ?
    btw ane udah ga pake linksys lagi tapi pake AP senao 200Mw

  13. #12
    Status
    Offline
    putra_maiwa's Avatar
    Forum Guru
    Join Date
    Sep 2009
    Posts
    1,298
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Montana Click here to enlarge
    bro ane minta setting hotspot nya gimana ?
    btw ane udah ga pake linksys lagi tapi pake AP senao 200Mw
    setting hotspotkan banya di sub tutorial tinggal ubek2 aja, atau di search biar
    lebih cepat..___Click here to enlarge

    AP apaun setingan juga sama, AP nya mode bridge/station

  14. #13
    Status
    Offline
    Montana's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    46
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    bro ane udah iikutin semua yg ada di trid sebelah dan tutorialnya udah ane donwload tp emang ane bodoh apa gimana ga faham juga

    jadi yang ane pnya skrang
    1. mikrotik rb450G
    2. switch dlink 16 port
    3. modem speedy
    4. access point senao

    modem speedy alamatnya ip nya 192.168.1.1
    access point senao alamat ip nya 192.168.2.1
    mikrotik RB450G alamat ip nya 192.168.3.1

    yang udah ane praktekin
    modem speedy --> ke port 1 mikrotik
    switch masuk --> ke port 2 mikrotik
    access point --> ke port 3 mikrotik
    PC ane masuk --> ke switch port 1


    kasih nama di winbox
    ether 1 wan
    ether 2 Lan
    ether 3 AP

    sekrang yg bener2 jadi pertanyaan
    1. klo ane masuk ke winbox setting buat ip address dari masing2 brapa ?broadcash ?network brapa ?
    2. gatewaynya isi ip yang mana ?
    3. terus klo kita masuk ke menunya mikrotik ada yang dirubah lagi ga ??

    tolong banget ya master ane jadi pikiran ni bli mikrotik mahal2 tp ga bisa2 juga Click here to enlarge

  15. #14
    Status
    Offline
    amedya's Avatar
    Member
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    0.0.0.0/0
    Posts
    296
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by Montana Click here to enlarge
    sekrang yg bener2 jadi pertanyaan
    1. klo ane masuk ke winbox setting buat ip address dari masing2 brapa ?broadcash ?network brapa ?
    2. gatewaynya isi ip yang mana ?
    3. terus klo kita masuk ke menunya mikrotik ada yang dirubah lagi ga ??

    tolong banget ya master ane jadi pikiran ni bli mikrotik mahal2 tp ga bisa2 juga Click here to enlarge
    ane kasih referensi dikit
    1. silahkan dibaca dan jangan lupa dipelajari dan dipahami lalu praktekan disesuaikan dengan kebutuhan ip yang diperlukan Click here to enlarge

    2. maaf kurang ngerti pertanyaannya yang ini

    3. menu mikrotik banyak bro, yang mana ?

    btw udah ditambahkan belum NAT, DNS, Ip Route dan lain-lainnya ?

    dan jgn lupa banyak2 baca disini bro

  16. #15
    Status
    Offline
    Montana's Avatar
    Newbie
    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    46
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by amedya Click here to enlarge
    ane kasih referensi dikit
    1. silahkan dibaca dan jangan lupa dipelajari dan dipahami lalu praktekan disesuaikan dengan kebutuhan ip yang diperlukan Click here to enlarge

    2. maaf kurang ngerti pertanyaannya yang ini

    3. menu mikrotik banyak bro, yang mana ?

    btw udah ditambahkan belum NAT, DNS, Ip Route dan lain-lainnya ?

    dan jgn lupa banyak2 baca disini bro
    1. ribet banget bro Click here to enlarge ane sama sekali ga faham yang intinya ane pake buat sktar 40 komputer
    2. nah klo gateway itu ada di menu winbox disitu kan kita harus isi gateway kan ya ...
    ya ane bingung mau isi gateway nya
    3. itu bukan di menu winbox tapi pas halaman web html dari mikrotik,,,
    apa disitu ada yang dirubah atau di winbox aja yang di utak atik

 

 
Page 1 of 2 12 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. TANYA setting mikrotik dengan Linksys WRH54G
    By p3trucc1 in forum Wireless Networking
    Replies: 17
    Last Post: 16-02-2010, 22:16
  2. Cara Setting Linksys WRT54GL dan Mikrotik
    By vhw in forum Beginner Basics
    Replies: 3
    Last Post: 18-11-2009, 21:00
  3. Tolooong setting mikrotik dg adsl router + linksys router
    By hendraxs in forum Beginner Basics
    Replies: 11
    Last Post: 27-07-2009, 01:20
  4. (Tanya) Mikrotik pc + Linksys 54gl + Jaht
    By damare60 in forum Wireless Networking
    Replies: 8
    Last Post: 12-05-2009, 02:13

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •