Follow us on...
Follow us on G+ Follow us on Twitter Follow us on Facebook Watch us on YouTube
Register
Results 1 to 5 of 5
  1. C@RLo$'s Avatar
    Status
    Offline
    Member Array
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    178
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    Jump to Comments

    (opini) Peluang RFID di Indonesia

    4 Comments by C@RLo$ Published on 24-11-2008 18:04
    RFID (Radio Frequency Identification)

    Saat ini masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar sudah sangat melek teknologi. Anak-anak SD sudah mulai belajar komputer di kelas 1, para remaja, didorong dengan semakin populernya situs-situs jejaring sosial semacam friendster, facebook, myspace dll, telah terbiasa menggunakan internet untuk mencari berbagai berita ataupun untuk pekerjaan sekolahnya. Dari kacamata awam, perkembangan telepon seluler adalah yang paling signifikan, masyarakat sekarang sudah terbiasa dengan jargon-jargon GPRS, 3 GP, HDSPA, dll , bahkan jarang pembantu rumah tangga jaman sekarang yang tidak memiliki telepon seluler, dan kadang telepon seluler mereka lebih bagus daripada telepon seluler majikannya.

    Dari geliat teknologi-teknologi seluler dan internet yang tampil di permukaan, sebenarnya ada satu teknologi yang sudah lama digunakan tetapi kurang mendapat perhatian lebih di Indonesia. Ya, teknologi tersebut adalah RFID. Dari beberapa sumber yang sudah penulis temui, sebenarnya RFID sudah digunakan di Indonesia sejak awal tahun 90an. Tetapi kebanyakan memang hanya digunakan untuk keperluan supply chain internal perusahaan. Sekarang teknologi RFID sudah semakin berkembang dan biasa disatukan dengan teknologi lainnya (biasa disebut teknologi hybrid RFID) untuk menghadirkan teknologi yang berguna bagi bisnis ataupun personal.

    Di negara-negara maju Asia seperti Jepang, China dan Korea, RFID sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Korea menggunakan RFID untuk mengurangi kemacetan lalu-lintas dengan membatasi askes tiap penduduk ke jalan tertentu pada hari tertentu. Cina baru-baru ini telah mengeluarkan kartu tanda pengenal penduduk yang dilengkapi RFID, bahkan negara tetangga Malaysia telah lama menggunakan kartu "Touch n Go" yang digunakan sebagai sistem pembayaran di jalan tol.

    Dimanakah posisi Indonesia ?
    Seperti penulis utarakan sebelumnya, sebenarnya RFID sudah digunakan sejak lama di Indonesia. Banyak perusahaan telah menggunakan RFID untuk keperluan suply chain, dan absensi karyawan. Dari kabar yang penulis dapat dari rekan di Jogja, UGM telah menggunakan RFID untuk sistem peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan pusatnya. Beberapa waktu yang lalu sempat gencar kabar penggunaan kartu tol elektronik, tetapi beritanya lebih banyak ke berita bisnis, yaitu "telah ada tiga Bank yang akan bekerjasama" dalam tender tersebut, sedangkan berita dari sisi teknologi tiket elektronik tersebut sama sekali tidak ada. Tahun lalu Telkomsel juga telah mengeluarkan layanan T-cash, sistem "e-wallet" dengan menggunakan telepon seluler, sehingga kita cukup mendekatkan telepon seluler kita ke terminal pembayaran untuk melakukan transaksi, tetapi belum diketahui lebih lanjut, apakah sistem ini menggunakan teknologi RFID atau tidak, karena kalau menggunakan RFID, maka telepon seluler yang digunakan haruslah memiliki kemampuan NFC (Near Field Communiation). Sistem e-wallet sedang menjadi tren besar di Jepang.

    Walaupun RFID telah lama digunakan di Indonesia, tetapi belum ada penjelasan yang lebih rinci seperti apakah sistem tersebut menguntungkan? berapa penghematan yang didapatkan dengan menggunakan RFID? berapakah biaya penerapan RFID? dapatkah RFID berintegrasi dengan sistem yang telah ada? apa saja yang dapat diberikan oleh RFID untuk mempermudah hidup?.

    Sebenarnya di Indonesia, banyak sektor publik yang dapat disentuh oleh RFID, misalnya sistem pembayaran jalan tol, kereta, busway. Atau Kartu pengenal ataupun Surat Izin Mengemudi yang dilengkapi RFID sehingga tidak ada lagi nanti apa yang namanya KTP palsu ataupun SIM palsu, hal ini juga memudahkan polisi untuk secara cepat mengetahui data-data kendaraan dan orang yang sedang dicegatnya . RFID juga dapat digunakan untuk mengurangi korupsi, khususnya di pelabuhan-pelabuhan dan juga di berbagai tempat cek-in kendaraan yang mengharuskan pengelompokkan kendaraan yang berbeda biayanya untuk tiap jenis kendaraaan. Jika di sitem lama para penjaga pintu dapat mengkorupsi uang tiket dengan menagih pengendara truk dengan tarif truk, tetapi dia memasukkan ke sistemnya sebagai tarif mobil biasa, sehingga dia dapat mengambil sisa uangnya. Maka dengan RFID hal ini dapat dicegah.

    Dengan begitu, sebenarnya teknologi ini memiliki peluang perkembangan yang sangat besar di Indonesia, masih sedikitnya perusahaan pengembang RFID dan sumber daya manusia yang menguasai teknologi RFID haruslah dapat kita sikapi dengan cermat. Akan ada dimana kita taun depan? atau 3 taun lagi?. Sebagai pemakai RFID? atau sebagai ahli RFID?. Penulis yakin, RFID akan menjadi topik hangat beberapa tahun lagi.

    Sumber :

  2. The Following User Says Thank You to C@RLo$ For This Useful Post:

    [a]

  3. Total Comments 4

    Comments

  4. #2
    Status
    Offline
    mtomstone's Avatar
    Member
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    116
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Thx InfonyaClick here to enlarge

  5. #3
    Status
    Offline
    C@RLo$'s Avatar
    Member
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    178
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Click here to enlarge Originally Posted by mtomstone Click here to enlarge
    Thx InfonyaClick here to enlarge
    tertarik bos ?
    hehe ... modalin ane 10 jutaaaaaaaaaaaa aja buat praktek.....Click here to enlarge

    lebih canggihnya sih ngambil sertifikasi RFID+ dari ComTIA... tapi 20 jeti hehehe

  6. #4
    Status
    Offline
    mtomstone's Avatar
    Member
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    116
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    2
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0
    Tertarik Boss..hehhee
    tapi blm punya modal Click here to enlarge

  7. #5
    Status
    Offline
    tioo's Avatar
    Baru Gabung
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    6
    Reviews
    Read 0 Reviews
    Downloads
    0
    Uploads
    0
    Feedback Score
    0

    Talking

    nice post..Click here to enlarge

 

 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Articles

  1. Mikrotik Training in Indonesia
    By [a] in forum News & Events
    Replies: 29
    Last Post: 05-01-2010, 15:58
  2. (ask) cara hide ip indonesia
    By asking in forum General Networking
    Replies: 9
    Last Post: 11-10-2008, 09:25

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •